Cari Solusi Atasi Banjir di Rutan Manna, Kepala Kanwil Kemenkumham Bengkulu Sambangi Bupati Gusnan

Tidak hanya jalan raya depan Rutan Manna saja terendam banjir, namun di dalam Rutan Manna kerap terendam banjir.

Ho Media Center Bengkulu Selatan
Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu Erfan beserta jajaranya saat berdiskusi bersama Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi membahas permasalahan banjir di Rutan Manna yang diakibatkan saluran drainase di depan Rutan Manna tak berfungsi dengan baik, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Tidak hanya jalan raya depan Rutan Manna saja tergenang banjir, namun di dalam Rutan Manna kerap terendam banjir saat hujan deras mengguyur Bengkulu Selatan. Bahkan tinggi air mencapai setengah meter di sel tahanan warga binaan.

Penyebab banjir di Rutan Manna ini, selain karena posisi Rutan Manna di daerah rendah atau cekungan, namun juga dikarenakan saluran drainase jalan yang ada di depan Rutan Manna tidak berfungsi dengan baik.

Untuk mencari solusi atas banjir di Rutan Manna, Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bengkulu Erfan menyambangi Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, Selasa (6/9/2022).

Dikatakan Kepala Kanwil Kemunkumham Provinsi Bengkulu Erfan, tujuan kedatangannya menemui Bupati Gusnan adalah untuk mencari solusi pemecahan masalah banjir di Rutan Manna yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Saya mendapat laporan dari Kepala Rutan Manna yang melaporkan bahwa Rutan kita tergenang air sehingga mengakibat banjir. Oleh sebab itu kami datang kesini untuk mengecek langsung kondisi di Rutan dan kami harap ini akan ada solusi bersama untuk mengatasi hal tersebut,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu Erfan kepada TribunBengkulu.com, Selasa (6/9/2022).

Kedatangannya itu juga sebagai bentuk keprihatinan Kanwil Kemenkumham Provinsi Bengkulu terhadap warga binaan yang berada di dalam Rutan Manna.

Sehingga dengan kedatangannya menemui dan beraudiensi langsung dengan bupati dapat memecahkan dan mencari solusi bersama dalam mengatasi permasalahan banjir di Rutan Manna.

Kondisi letak geografis Rutan Kelas IIB Manna yang berada di wilayah cekungan membuat Rutan Manna mengalami banjir pada saat musim penghujan.

Banjir tersebut mengakibatkan kondisi yang sangat memprihatinkan bagi warga binaan Rutan, karena pada saat banjir air bisa masuk ke Rutan Manna hingga mencapai setengah meter.

Bupati Gusnan Mulyadi mengatakan, permasalahan tersebut memang sudah terjadi beberapa tahun belakangan ini. Hal ini diakibatkan karena jalur drainase yang kurang baik.

“Sekarang sedang dikerjakan proyeknya, dan kalaupun ada kendala di lapangan terkait dengan masyarakat sekitar, itu akan kita cari titik temunya di lapangan. Mudah-mudahan ini nanti akan mengatasi permasalahan banjir yang sering dialami oleh warga binaan kita di Rutan,” ungkap Bupati Gusnan.

Baca juga: Kerugian Akibat Bencana Alam Banjir dan Longsor di Bengkulu Selatan Capai Rp 23,6 Miliar

Baca juga: Jangan Salah! Harga BBM Nonsubsidi di Bengkulu Berbeda dari Harga Pusat, Cek Selisihnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved