Jalan Ambles di Kembang Seri Bengkulu Tengah, BPBD Sebut Banjir dan Gempa Jadi Penyebab

Jalan yang berada di Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami ambles pada Minggu (4/9/2022).

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Kondisi terkini jalan ambles yang berada di Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah, Rabu (7/9/2022).  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Jalan yang berada di Desa Kembang Seri Kecamatan Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah mengalami ambles pada Minggu (4/9/2022) dini hari lalu. Hal tersebut diperkirakan terjadi akibat banjir dan gempa bumi.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Tengah, Samsul Bahri menjelaskan sesaat sebelum terjadi jalan ambles, debit air sungai sangat tinggi dan sempat beberapa kali terjadi gempa bumi. 

"Meskipun baru dibangun, tetapi karena desakan air sungai, dan gempa beberapa kali kan jadi semuanya mempengaruhi sehingga jalan itu amblas," kata Samsul kepada TribunBengkulu.com, Rabu (7/9/2022). 

Selain banjir dan gempa, Kalaksa BPBD Bengkulu Tengah juga menyebutkan tidak ada lagi pepohonan disekitar area jalan amblas juga menjadi salah satu penyebab. 

"Saat kita lihat, disekitar lokasi amblas itu sudah dibangun rumah-rumah warga, tidak ada lagi pohon yang bisa ikut menahan tanah agar tidak amblas," ujar Samsul. 

Dari pantauan TribunBengkulu.com, pihak kepolisian pun telah memasang pembatas di sekitar area jalan ambles tersebut. 

Saat ini juga pihak BPBD Bengkulu Tengah telah menyurati Balai Pengawas Jalan Nasional (BPJN) agar segera menangani jalan ambles tersebut. 

"Harapan kita agar BPJN bisa menangani jalan tersebut, sebab kita khawatirkan semakin parah dan memakan korban," ungkap Samsul.

Baca juga: Ini Alasan Pemerintah Naikan Harga BBM, Kanwil DJPb Bengkulu: Subsidi Disalurkan Lebih Tepat Sasaran

Baca juga: Pasokan TBS Sawit Terus Berkurang, Pabrik Sawit di Kaur Kembali Naikan Harga TBS Sawit

Baca juga: Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Naik Rp 50 tiap Kilogramnya, Pasokan Sawit Masih Rendah

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved