Prakirawan BMKG Bengkulu: Bengkulu Tak Mengenal Musim, Potensi Hujan dan Cerah Cepat Berganti

Berbeda seperti daerah di Pulau Jawa, di Provinsi Bengkulu ini cuacanya cepat berganti.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Cuaca mendung di Kota Bengkulu, Rabu (7/9/2022). Berbeda seperti daerah di Pulau Jawa, di Provinsi Bengkulu ini cuaca cepat berubah. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Berbeda seperti daerah di Pulau Jawa, di Provinsi Bengkulu ini pergantian cuaca Bengkulu cepat berubah.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geografi (BMKG) Fatmawati Bengkulu melalui Prakirawan BMKG Fatmawati Bengkulu, Haris Syahid Hakim menjelaskan untuk cuaca seperti ini cepat berganti, hampir terjadi di seluruh daerah yang ada di wilayah Bengkulu.

"Saat ini memang masih musim kemarau untuk di daerah Jawa. Akan tetapi di kita (Bengkulu, red) tidak mengenal musim. Sedangkan untuk akhir tahun juga sebentar lagi masuk musim penghujan, " kata Haris.

Melihat beberapa waktu ini, lanjutnya, prakiraan cuaca di Provinsi Bengkulu kemungkinan besar masih berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas ringan hingga lebat. Khususnya terjadi saat sore hingga malam hari.

"Kemungkinan besar curah hujan juga akan tetap sama banyaknya seperti sekarang ini. Dan juga belum ditambah kalau ada gangguan cuaca bisa saja semakin tambah banyak curah hujannya, " jelas Haris.

Sementara itu, untuk prakiraan cuaca wilayah bengkulu dan sekitarnya hari ini tanggal 7 September 2022 yang pada pagi hari cuaca berawan, berpotensi terjadi hujan ringan-sedang di sebagian wilayah Kabupaten Lebong, Kepahiang, Rejang Lebong, Mukomuko, Seluma, Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara dan Kaur.

Sedangkan pada siang dan sore hari, diprediksi cerah berawan - berawan. Berpotensi hujan sedang hingga lebat di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur.

"Malam hari cuaca diprediksi berawan. Berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kab. Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur, " jelasnya.

Lalu, saat dini hari masih diprediksi berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang di wilayah Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan, Kaur.

Dengan suhu udara antara 17 – 30°C. Dan kecepatan angin timur laut – barat  / 02 - 32 km/jam.

Tinggi Gelombang Perairan Bengkulu 0.5 – 2.0 m. Sedangkan tinggi gelombang Perairan Enggano 0.5 – 2.0 m. Dan tinggi gelombang Samudera Hindia Barat Bengkulu 2.5 – 3.0 m.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan dapat disertai kilat/petir serta angin kencang berdurasi singkat," ucapnya.

Peringatan dini tersebut,berlaku di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan, dan Kaur

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved