Permudah Urus Perizinan, Pemkot Bengkulu Canangkan Program-Program Unggulan di Mall Pelayanan Publik

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu Irsan Setiawan, Kamis (8/9/2022).

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Hendrik Budiman
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu, Irsan Setiawan saat diwawancari TribunBengkulu.com, Kamis (8/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Guna mempermudah masyarakat dalam kepengurusan perizinan seperti izin bangunan, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu telah mencanangkan program pola aplikasi Sistem informasi manajemen bangunan gedung (SIMBG), di Mall Pelayanan Publik Kota Bengkulu.

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bengkulu Irsan Setiawan, Kamis (8/9/2022).

Menurutnya, aplikasi SIMBG ini merupakan aplikasi baru dalam pengurusan Persetujuan Pembanguan Gedung (PBG) dulu dikenal dengan IMB.

Baca juga: Pemotongan Pohon Raksasa di Kepahiang Dihentikan Sementara, Warga Bisa Lewat Jalur Alternatif Ini

Ini merupakan aplikasi kementrian PUPR, sehingga melalui aplikasi ini pendaftarannya masyarakat bisa langsung melalui websitenya.

"Setelah itu OPD teknis yang memprosesnya dalam hal ini PUPR kota Bengkulu, mereka yang melakukan penelitian maupun cek lapangan terhadap usulan pemohon tersebut," kata Irsan kepada TribunBengkulu.com.

Apabila semua yang diajukan oleh pemohon sudah lengkap dan bisa diteruskan maka PUPR akan mengeluarkan rekomendasi kepada DPMPTSP Kota Bengkulu.

Baca juga: Kisah Inspiratif Anak Buruh Serabutan di Bengkulu Raih Beasiswa ke Taiwan

"Karena tanpa adanya rekomendasi usulan tidak bisa dilanjutkan. Didalam rekomendasi sudah tercantum besar retribusi yang harus dibayarkan oleh pemohon," jelasnya.

Kemudian pemohon diberikan Surat Ketetapan Retribusi Daerah (SKRD) yang harus disetorkan ke kas daerah.

Untuk besarannya sesuai yang tertera dalam surat Rekomendasi dari PUPR tersebut setelah pembayaran retribusinys oleh pemohon, ke Bank Syariah Indonesia (BSI).

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved