Oknum Dealer Mobil di Kota Bengkulu Timbun BBM Solar Subsidi untuk Diisi Pada Mobil Baru

Satreskrim Polres Bengkulu membongkar praktik penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar yang dilakukan oleh oknum dealer ternama

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Mobil yang digunakan oknum dealer untuk mengunjal BBM solar subsidi dan solar tersebut digunakan untuk mengisi mobil-mobil baru di dealer tersebut. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, KOTA BENGKULU - Satreskrim Polres Bengkulu membongkar praktik penyalahgunaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar yang dilakukan oleh oknum dealer ternama di Kota Bengkulu, Kamis (1/9/2022) lalu.

Dalam kejadian ini diamankan tiga terduga pelaku yakni Su yang merupakan karyawan, MF yang merupakan kepala keuangan dan RM yang merupakan pimpinan tertinggi di dealer mobil yang berada di jalan Depati Payung Kelurahan Betungan Kecamatan Selebar Kota Bengkulu.

Kejadian ini berawal saat Su sedang menyalin BBM solar dari mobil truk dengan kapasitas ratusan liter ke beberapa jerigen di pekarangan dealer tersebut.

Yang rencananya akan disimpan dan digunakan sebagai BBM mobil-mobil baru yang akan diserahkan kepada konsumen.

"Jadi modus operandinya menggunakan mobil baru yang sudah ada pemiliknya namun belum diserahkan untuk membeli solar di SPBU kemudian mengisi kembali dengan cara berganti plat," ujar Kasatreskrim Polres Bengkulu AKP Welliwanto Malau dalam konferensi pers, Jumat (9/9/2022).

Diketahui, aksi tersebut telah dilakukan oleh oknum dealer tersebut sejak 2017 lalu.

"Dari pengakuan Su, hal tersebut sudah dilakukannya sejak 2017 lalu secara berulang-ulang," ungkap Malau.

Saat ini ketiga terduga pelaku dikenakan wajib lapor dan masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

"Kita saat ini masih proses pemeriksaan lebih menyeluruh, dan kita juga akan berkoordinasi dengan pihak pertamina pulau baai dan pertamina Sumsel serta kita juga akan berkoordinasi dengan migas," kata Malau.

Selain ketiga terduga pelaku, turut diamankan pula satu unit mobil dengan kapasitas tangki BBM 200 liter, dan sejumlah jeriken berbagai macam ukuran.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved