Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur Tertinggi di Petani Rp 1.350 per Kg, Kebun Tak Terurus

Update harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur hari ini, Minggu (11/9/2022).

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Suasana antrean truk di pabrik sepi. Terlihat tidak ada truk pengangkut sawit sampai harus antre lama. Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini Minggu (11/9/2022) masih sama. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Update harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Kabupaten Kaur hari ini, Minggu (11/9/2022).

Hari ini Minggu 11 September 2022, harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur masih stagnan atau tidak ada perubahan.

Harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur tertinggi di tingkat petani swadaya saat ini masih diangka Rp 1.350 per kilogram.

Masih belum beranjaknya harga TBS sawit ini disebabkan dengan harga Crude Palm Oil (CPO) yang juga tak kunjung berubah.

Petani Sawit, Asmudin (56) mengungkapkan harga TBS sawit ini masih jauh untuk petani mendapatkan untung dari hasil panen.

Hal itu dikarenakan harga yang didapat petani tidak sesuai dengan harga pupuk serta biaya perawatan dibandingkan dengan hasil panen yang didapat.

"Saya sangat sayangkan pemerintah tidak mengambil kebijakan dengan tidak stabilnya harga pupuk kimia dan pestisida," kata Asmudin kepada TribunBengkulu.com, Minggu (11/9/2022).

Akibat mahalnya harga pupuk dan pestisida sementara harga TBS sawit tidak kunjung membaik di angka Rp 2.000 per kilogram membuat banyak perkebunan masyarakat saat ini tidak terurus. Lantaran tidak mampu membeli pupuk dan pestisida.

"Jika harga TBS naik, iya tidak masalah harga yang lain. Tetapi kalau harga masih seperti ini, seharusnya harga-harga yang lain turunkan," ungkap petani swadaya Bengkulu Selatan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved