Kaya Antioksidan, Buah Lontar Ramai Diburu Warga Bengkulu, Dijual Rp 20 Ribu per Buah

Kaya antioksidan, buah lontar ramai diburu warga Bengkulu. Beberapa waktu ini pun mulai bermunculan para penjual buah lontar di Kota Bengkulu.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Salah satu penjual buah lontar yang ada di Jalan WR Supratman, Bentiring, Kota Bengkulu. Buah lontar ini mengandung banyak khasiat baik untuk kesehatan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Kaya antioksidan dan memiliki manfaat bagi kesehatan, buah lontar ramai diburu warga Bengkulu.

Beberapa waktu ini pun mulai bermunculan para penjual buah lontar di Kota Bengkulu.

Agarman, salah satu pedagang buah lontar yang berjualan di Bentiring mengatakan, dalam sehari ia bisa menjual sebanyak 60 biji buah lontar.

Bukan tanpa alasan, larisnya buah lontar ini karena diyakini memiliki khasiat dan segudang manfaat bagi kesehatan.

Apalagi, buah yang memiliki warna khas ini, memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. 

"Ini bagus untuk kesehatan, biasanya diyakini bisa mengobati diabetes, ginjal, dan lambung. Kandungan antioksidannya tinggi," kata Agarman, Senin (12/9/2022). 

Bengkulu tidak termasuk pada wilayah yang ditumbuhi buah lontar. Buah lontar tumbuh subur pada bagian timur Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sehingga Agarman pun harus memesan dari Bali, untuk dijual kembali di Kota Bengkulu ini. 

"Ini pesan dari Bali. Makanya kita jual perbiji itu Rp 20 ribu, Alhamdulillah bisa habis tiap hari," ucap Agarman. 

Agarman mulai berjualan buah lontar ini pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB. Namun, kadang kala dirinya harus menutup lapaknya lebih awal, pasalnya buah lontar yang ia bawa sudah habis terjual. 

"Banyak yang suka, kadang masih siang ini sudah habis. Kita jatah per hari itu 60 biji bawanya. Ini ada juga air nira buah lontar, yang juga kaya manfaat," bebernya. 

Untuk harga buah lontar ini per buahnya dihargai Rp 20 ribu dan di dalam buah lontar itu terdapat tiga biji berbentuk transparan. Hampir mirip kolang kaling.

Kemudian, untuk harga air nira buah lontar ini, satu gelas kecil dibanderol dengan Rp 5 ribu. 

"Ini rasanya manis, segar. Kayak buah kelapa. Pas kalau dimakan saat cuaca panas. Segar buahnya kenyal tekstur dagingnya, dan air niranya juga segar," ungkap Agarman. 

Selain di kawasan Bentiring, jalan menuju pusat perkantoran Pemkot Bengkulu, pedagang buah lontar ini juga terdapat di Danau Dendam Tak Sudah dan Jalan Pariwisata dekat kawasan pantai panjang. Serta di sekitar Jalan Irian, di Kelurahan Semarang Kota Bengkulu.

Baca juga: Tak Hanya Titik Nol Pembangunan Jalan, Ini Agenda Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ke Pulau Enggano

Baca juga: Banggar DPRD Provinsi Bengkulu Minta APBD-P 2022 Fokus ke Kegiatan Menyentuh Masyarakat

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved