Tak Hanya Titik Nol Pembangunan Jalan, Ini Agenda Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah ke Pulau Enggano

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Enggano pada 20 September 2022.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. Gubernur dan dan jajarannya dijadwalkan melakukan kunker ke Pulau Enggano pada 20 September 2022. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dijadwalkan melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pulau Enggano pada 20 September 2022.

Selain dalam rangka titik  nol pembangunan jalan dan jembatan di pulau terluar Pulau Enggano, kedatangannya orang nomor satu Provinsi Bengkulu Rohidin Mersyah juga memiliki sejumlah agenda lainnya.

Seperti untuk memastikan hak-hak masyarakat adat di Pulau Enggano.

"Saya ingin memastikan pengelolaan kawasan berdasarkan aturan adat, untuk masyarakat Enggano," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, Senin (12/9/2022). 

Bukan tanpa alasan, Rohidin berpendapat mempertimbangkan sudah rampungnya pembangunan Pelabuhan Melakoni dan Kahyapu ditambah dengan adanya trans Enggano akan dibangun, maka dikhawatirkan akan menggeser masyarakat adat di sana. 

"Nanti pelabuhan udaranya akan berfungsi. Ini kalau tidak dikawal dengan peraturan daerah tentang hal masyarakat adat. Kita khawatir nanti masyarakat nanti terpinggirkan," ungkap Rohidin. 

Selain untuk memastikan hak masyarakat adat Enggano, kedatangan Rohidin dan jajarannya ini juga untuk melakukan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebagai kebijakan adanya kenaikan harga BBM. 

"Akan melakukan penyerahan bantuan langsung tunai kepada penerima sebagai kompensasi kenaikan BBM. Juga akan ada pasar murah," jelas Rohidin. 

Kunjungan kerja gubernur bengkulu dan Forkopimda ke Pulau Enggano ini dijadwalkan keberangkatannya pada 20 September 2022. Kemudian esok harinya pada tanggal 21 September 2022 akan dimulai titik nol.

"Karena lelangnya sudah selesai minggu kemarin yang pembangunan jalan trans dan lingkar Enggano. Jadi nanti agendanya itu kita mulai titik nol," beber Rohidin. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Program Bengkulu, Bambang Agus Suprabudi, mengatakan akan mempersiapkan dua alat transportasi dalam rangka kunjungan kerja Gubernur Bengkulu ke Pulau Enggano. Yakni dengan menggunakan kapal dan pesawat susi air. 

"Jadi jadwal untuk berangkat ke Enggano ini bisa mundur atau tidak. Sementara ini, kegiatan itu di 20 September. Rapat teknis lagi sekitar tanggal 15 September, untuk finalisasi pemberangkatan, " ujar Bambang.

Baca juga: Seleksi Bawaslu Bengkulu 2022: Nasib 6 Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Belum Diputus

Baca juga: Banggar DPRD Provinsi Bengkulu Minta APBD-P 2022 Fokus ke Kegiatan Menyentuh Masyarakat

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved