4 Tahun Jadi Tersangka Kasus Penipuan, Penasehat Hukum Mantan Kadis PU Seluma: Bisa Jadi Rekor Baru

Penasehat hukum mantan Kadis PU Seluma mengatakan pihaknya ingin agar kasus penipuan menjerat kliennya bisa segera mendapatkan kepastian hukum.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Yunike Karolina
Romi/TribunBengkulu.com
Penasehat hukum mantan Kepala Dinas (Kadis) PU Seluma HE yang menjadi tersangka kasus penipuan, Zetriansyah. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Penasehat hukum mantan Kepala Dinas (Kadis) PU Seluma HE, Zetriansyah mengatakan pihaknya ingin agar kasus penipuan yang menjerat kliennya bisa segera mendapatkan kepastian hukum.

HE disebutkan sudah 4 tahun, sejak tahun 2018 hingga tahun 2022 ini, menjadi tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan bisnis handphone. Selama 4 tahun ini, HE juga harus menjalani wajib lapor.

Sementara, rekor tersangka terlama adalah kasus korupsi pengadaan tiga unit quay container crane (QCC), Richard Joost Lino atau RJ Lino, yakni 5 tahun berstatus tersangka.

"Kalau klien saya bisa sampai lebih 5 tahun jadi tersangka, ini bisa jadi rekor baru, tersangka terlama di Indonesia," kata Zetriansyah kepada TribunBengkulu.com.

Karena hal itu, pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) dan Polda Bengkulu diminta segera memperjelas kasus yang menjerat HE.

Jika kasus ini dinilai memenuhi persyaratan untuk diproses, maka harus segera dilimpahkan ke pengadilan. Sementara, jika tak memenuhi unsur pidana, kepolisian diminta segera mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3).

"Jadi kami mohon kepastian hukum. Kasihan klien saya, lama menjalani status tersangka," kata dia.

Zetriansyah juga mengatakan jika ancaman hukuman terhadap HE di kasus ini juga sekitar 4 tahun. Sementara, kliennya sudah menyandang status tersangka selama 4 tahun.

"Kami pasrah. Kalau lanjut silahkan. Kalau tidak, mohon keluarkan SP3," ujarnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved