Tunggakan Iuran BPJS Kesehatan 4 Kabupaten di Bengkulu Capai Rp 50 Miliar

Tunggakan iuran di Kabupaten Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Utara bahkan mencapai Rp 50 miliar.

Panji Destama/TribunBengkulu.com
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Novi Kurniadi, saat diwawancarai di kantornya, terkait tunggak iuran peserta mandiri di empat Kabupaten di Provinsi Bengkulu, pada Selasa (13/9/2022) sore. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Panji Destama

TRIBUNBENGKULU.COM, REJANG LEBONG - Ribuan peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) 4 Kabupaten di Provinsi Bengkulu menunggak

Tunggakan iuran di Kabupaten Lebong, Rejang Lebong, Kepahiang dan Kabupaten Bengkulu Utara bahkan mencapai Rp 50 miliar.

Baca juga: BREAKING NEWS: Demo Mahasiswa Bengkulu Diwarnai Aksi Bentok, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

"Dari data kita untuk Rejang Lebong ada 7.378 orang, Lebong 8.479 orang, Kepahiang 17.000 orang, sedangkan Bengkulu Utara 33.893 orang, dengan total keseluruhan 66.759 orang," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Curup, Novi Kurniadi, saat diwawancarai, pada Selasa (13/9/2022).

Menurutnya, untuk tunggakan iuran di setiap kabupaten berbeda-beda, untuk Rejang Lebong Rp 6, 9 miliar, Lebong Rp 6,07 miliar.

Lalu, Kabupaten Kepahiang sebesar Rp 12,8 miliar dan Bengkulu Utara sebesar Rp 24,6 miliar.

Baca juga: Bupati Gusnan Mulyadi Marah-marah di Rapat Paripurna DPRD Bengkulu Selatan, Kenapa?

"Tunggakan itu berasal dari kelas III, II dan kelas I, dengan tunggakan mulai dari 1 hingga 24 bulan. Jika peserta mandiri tidak membayar hingga waktu yang ditentukan, kartu BPJS milik peserta di non-aktifkan," ungkapnya.

Pihaknya juga meminta kepada peserta Mandiri BPJS Kesehatan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS itu.

"Dibayar secara bertahap dengan mencicil setiap bulannya sehingga tunggakan tidak terlalu banyak dan upaya penagihan ke peserta yang menunggak, melalui kontak nomor handphone yang tertera di data peserta," tutupnya.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved