Harga Sawit di Bengkulu

Harga TBS Sawit di Provinsi Bengkulu Ditetapkan Naik Rp 205 Perkilo, Kini Rp 1.880 Perkilo

Penetapan harga ini naik dari penetapan harga TBS sawit di tingkat pabrik sebelumnya yaitu Rp 1.675 per kilogram.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Hendrik Budiman
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Hasil rapat Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit di Provinsi Bengkulu yang digelar hari ini, Rabu (14/9/2022), ditetapkan harga TBS sawit untuk 2 Minggu kedepan yaitu Rp 1.880 per kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Berdasarkan hasil rapat Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Sawit di Provinsi Bengkulu yang digelar hari ini, Rabu (14/9/2022), ditetapkan harga TBS sawit untuk 2 Minggu kedepan yaitu Rp 1.880 per kilogram.

Penetapan harga ini naik dari penetapan harga TBS sawit di tingkat pabrik sebelumnya yaitu Rp 1.675 per kilogram.

"Kita tetap akan menghitung berdasarkan invoice yang akan disampaikan perusahaan pengelola TBS sawit yang ada di Provinsi Bengkulu," ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan.

Baca juga: Suami Pembunuh Istri di Kepahiang Terima Vonis 14 Tahun Penjara dari Majelis Hakim

Diketahui bahwa untuk menetapkan angka harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit, Pemerintah Provinsi Bengkulu menggunakan aplikasi khusus dalam Permentan Nomor 01 Tahun 2018.

Selanjutnya invoice yang sudah dikirimkan oleh perusahan kelapa sawit akan dimasukkan data-datanya, mulai dari hitungan harga TBS dari perusahaan, harga CPO dan PK.

Sehingga aplikasi yang memang sudah dirancang oleh pemerintah pusat itu yang nanti akan menghitung dan merata-ratakakannya, sehingga keluarlah ketetapan angka harga TBS sawit dari hitungan aplikasi tersebut.

Baca juga: Aksi Kungfu Bestie Mahasiswi Bengkulu Jurus Kamehameha Keluar di Demo Tolak Kenaikan Harga BBM

Dari angka yang muncul dari aplikasi, kemudian dibahas lagi bersama tim terpadu, apakah sudah setuju dengan ketetapan harga dari aplikasi tersebut atau tidak.

Jika ada yang tidak setuju, maka akan dibahas kembali dan dicari jalan tengahnya berapa harga yang pas untuk penetapan harga TBS sawit ini.

Sebaliknya jika semua peserta yang terdiri dari unsur pemerintahan, asosiasi petani, pengusaha, dan Kadin sudah setuju semua, maka harga tersebut akan langsung ditetapkan sebagai keputusan bersama.

Baca juga: Berhenti Kuliah dan Gagal Tes Polisi, Rahmat Kini Punya 51 Cabang Nasgor Mak Etek Bumbu Rendang

"Untuk penetapan selanjutnya cangkang sawit menjadi parameter dalam penghitungan harga TBS. Jadi kedepan bukan hanya invoice hasil penjualan CPO, tapi juga cangkang," ujar Ricky.

Terpisah, Ketua GAPKI Provinsi Bengkulu, John Irwansyah Siregar mengatakan, pihaknya tidak keberatan jika cangkang juga akan dimasukkan dalam komponen penetapan harga TBS sawit kedepan.

Baca juga: Ternyata Ada Jatah Solar Khusus Petani di Bengkulu, Begini Cara Mendapatkannya

Namun pihaknya berharap dalam memasukkan harga cangkang dalam penghitungan harga TBS dapat dikaji secara matang dan dibuat formula khusus.

"Pada prinsipnya kita tidak keberatan, selagi itu tertuang dalam Permentan," kata Jhon.

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved