Karakter dan Mental Mahasiswa Baru Unihaz Digembleng di Mako Lanal Bengkulu

Sebanyak 600 mahasiswa baru tahun 2022/2023 Universitas Prof. DR. Hazairin (Unihaz) mendapatkan pembinaan mental di Markas Komando (Mako) Pangkalan TN

Penulis: Romi Juniandra | Editor: M Arif Hidayat
HO Lanal Bengkulu
Mahasiswa baru Unihaz dapat pembinaan karakter di Mako Lanal Bengkulu 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Sebanyak 600 mahasiswa baru tahun 2022/2023 Universitas Prof. DR. Hazairin (Unihaz) mendapatkan pembinaan mental di Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu, Rabu (14/9/2022).


Secara resmi, kegiatan ini dibuka oleh Komandan Lanal Bengkulu, Letkol Laut (P) Nyoman Gede Pradnyana didampingi Rektor Unihaz Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si beserta stafnya.


Rencananya, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari kedepan, 14 hingga 17 september 2022.


Danlanal Bengkulu mengatakan, bahwa kegiatan adalah wahana untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.


"Juga mempercepat proses adaptasi mahasiswa dengan lingkungan yang baru, dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di perguruan tinggi nantinya," kata Danlanal.


Secara umum, prajurit TNI AL di Lanal Bengkulu memberikan materi kepada para mahasiswa baru Unihaz ini meliputi Kehidupan berbangsa, bernegara, dan pembinaan kesadaran bela negara. 


Kemudian, ditanamkan juga pemahaman tentang Pancasila sebagai dasar negara atau ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika serta pemahaman hak dan kewajiban dalam upaya bela negara yang dilandasi dengan cinta tanah air, Pembinaan mental, gotong royong, etos kerja dan integritas.


"Selain itu, prajurit juga akan membekali mahasiswa ini teknik sea survival," kata Danlanal.


Pantauan TribunBengkulu.com, para pelatih dalam kegiatan ini tidak hanya sekedar memberikan materi. Para mahasiswa juga diberikan pembinaan mental disiplin dan kekompakan.


Para mahasiswa dibagi oleh pelatih dalam beberapa kompi. Kemudian, masing-masing kompi memiliki pemimpinnya sendiri, yang bertanggungjawab atas rekannya yang lain.


Di akhir pelatihan hari ini, pelatih kemudian memberikan sebuah games, yang menguji kekompakan dari mahasiswa baru ini.

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved