Pj Bupati Bengkulu Tengah Ingatkan Pabrik Sawit Ikuti Ketetapan Harga Sawit Bengkulu Rp 1.850 per Kg

Harga TBS sawit yang ada di sejumlah PKS di Kabupaten Bengkulu Tengah belum mengikuti harga penetapan Pemprov Bengkulu Rp 1.850 per kg.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Ho/TribunBengkulu.com
Pj Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni bersama unsur pimpinan Forkopimda Kabupaten Bengkulu Tengah menggelar rapat terkait harga TBS sawit yang masih rendah belum sesuai dengan ketetapan harga sawit Bengkulu Rp 1.850 per kg, Selasa (13/9/2022).  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di sejumlah pabrik kelapa sawit (PKS) di Kabupaten Bengkulu Tengah belum mengikuti ketetapan harga Sawit Bengkulu Rp 1.850 per kilogram. 

Hal tersebut membuat Pj Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni bersama seluruh unsur pimpinan Forkopimda Kabupaten Bengkulu Tengah menggelar rapat untuk membahas harga TBS sawit di Bengkulu Tengah agar mengikuti ketetapan harga sawit Bengkulu Rp 1.850 per kg. 

Dalam rapat membahas harga sawit di Bengkulu Tengah dihadiri pula pimpinan dari seluruh PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah

Bertempat di ruang rapat Bupati Bengkulu Tengah telah disepakati tiga poin terkait harga TBS sawit, Selasa (13/9/2022). 

Pj Bupati Bengkulu Tengah, Heriandi Roni meminta kepada seluruh PKS untuk mengikuti harga yang telah ditetapkan tim penetapan harga TBS sawit Provinsi Bengkulu sesuai dengan Pergub nomor 64/2018 tentang Pedoman Pelaksanaan Penetapan Harga TBS. 

"Semoga kebijakan terkait harga TBS di wilayah Bengkulu Tengah ini dapat dipahami dan dimengerti oleh pihak PKS untuk menyesuaikan harga TBS dan mensejahterakan para petani sawit," ujar Heriyandi Roni saat memimpin rapat, Selasa (13/9/2022). 

Dari hasil rapat tersebut disepakati tiga poin yakni :

1. PKS wajib membeli TBS sesuai dengan harga yang telah ditetapkan oleh Gubernur Bengkulu sesuai Pergub Bengkulu Nomor 64 Tahun 2018 dan Permentan nomor 1 Tahun 2018.

2. PKS wajib melaksanakan kemitraan kepada kelembagaan pekebun sesuai dengan Perda Kabupaten Bengkulu Tengah Nomor 3 Tahun 2020, secara tertulis dan diketahui oleh Bupati Bengkulu Tengah dalam jangka waktu 14 hari setelah penetapan ini. 

3. PKS ikut berpartisipasi aktif serta terlibat dalam CSR dalam pembangunan ekonomi masyarakat, lingkungan dan kepedulian sosial di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Baca juga: Kerugian Negara di Kasus Korupsi Replanting Sawit Bengkulu Utara, Jaksa Tunggu Hasil Audit BPKP

Baca juga: Harga Emas Hari Ini 14 September 2022 Naik, Cek Daftar Harga Emas Antam dan UBS di Bengkulu

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved