Ternyata Ada Jatah Solar Khusus Petani di Bengkulu, Begini Cara Mendapatkannya

Ternyata ada jatah pengisian BBM jenis solar di SPBU khusus untuk memenuhi kebutuhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) milik petani.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Yunike Karolina
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas TPHP Provinsi Bengkulu, Helmi Yuliandri menerangkan cara agar petani bisa mendapatkan jatah solar khusus petani. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM,BENGKULU - Ternyata ada jatah pengisian BBM jenis solar di SPBU khusus untuk memenuhi kebutuhan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) milik petani.

Namun tampaknya masih banyak para petani yang masih belum mengetahui adanya jatah solar khusus bagi petani ini.

Pasalnya masih banyak petani yang rela membeli solar eceran dengan harga tinggi, dengan alasan tidak diperkenankan mengisi solar hand traktor di SPBU.

"BBM untuk kebutuhan solar petani, ini sudah diatur dalam penetapan SK peraturan BPH Migas Nomor 17 tahun 2019," ungkap Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Helmi Yuliandri, Rabu (14/9/2022).

Ada beberapa jenis Alat Mesin Pertanian (Alsintan) yang diperkenankan dalam penggunaan BBM jenis solar yang dibutuhkan petani dan kelompok tani.

Di antaranya seperti untuk kebutuhan traktor roda 4, hand traktor, power treasure dan pompa air.

"Itu sudah diakomodir perintah dan ditetapkan oleh BPH Migas untuk kebutuhan BBM bersubsidi jenis solar bagi petani," ujar Helmi.

Mekanismenya petani bisa secara perorangan atau secara berkelompok mengajukan kebutuhan kepada Dinas Pertanian yang ada di kabupaten/kota masing-masing.

Pengajuan tersebut bisa pengajuan kebutuhan solar selama satu minggu ataupun kebutuhan solar selama satu bulan.

Namun sebelum mengajukan kebutuhan solar kepada Dinas Pertanian, surat pengajuan tersebut wajib diketahui lurah atau Kepala Desa setempat.

Nanti setelah dirasa sudah memenuhi syarat, maka Dinas Pertanian akan mengeluarkan surat rekomendasi untuk mendapatkan jatah solar.

"Maka dari itu kami mengharapkan para petani dapat mengajukan kebutuhan solarnya untuk Alsintan itu kepada Dinas yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota. Saya rasa kebutuhannya tidak terlalu banyak dan pemerintah tentu telah menyiapkan kebutuhan solar bagi petani ini," kata Helmi.

Baca juga: Petani di Bengkulu Kesulitan Beli Solar, Selama Ini Beli Solar Eceran Untuk Operasikan Hand Traktor

Baca juga: Siapakah Rasuna Said dan Kenapa Ada di Google Doodle Hari Ini? Cek Biografi Pahlawan Nasional Ini

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved