Pemkot Bengkulu Komitmen Tata Pasar Panorama, Lelang Pengelolaan ke Pihak Ketiga Segera Dilakukan

Walikota Bengkulu Helmi Hasan pun berkeinginan agar lebih tertib, rapi dan tak ada lagi pedagang yang berjualan di bahu jalan.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Hendrik Budiman
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Tampak sejumlah lapak kosong di bagian dalam Pasar Panorama Kota Bengkulu, pada Kamis (15/9/2022) hal ini karena banyak pedagang memilih berjualan di luar. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Sejak beberapa tahun lalu, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu berkomitmen untuk menata Pasar Panorama Kota Bengkulu.

Walikota Bengkulu Helmi Hasan pun berkeinginan agar lebih tertib, rapi dan tak ada lagi pedagang yang berjualan di bahu jalan.

"Pasar panorama ini kita coba cari alternatif dengan memberikan peluang bagi pihak ketiga untuk mengelolanya , seperti di kota - kota besar lainnya itu dilakukan dan hal ini yang ingin kita coba," kata Helmi kepada TribunBengkulu.com, Kamis (15/9/2022).

Baca juga: Punya Anak Kecil, Penasehat Hukum Oknum Polisi Aniaya ART Ajukan Penangguhan Penahanan Istrinya

Menurutnya, jika pengelolaan Pasar Panorama ini sudah di pihak ke tiga diyakini kawasan pasar akan lebih tertata, baik dari sisi pedagang maupun parkir yang ada di Pasar itu.

Ia berharap dengan cara yang baru bagi Kota Bengkulu ini akan ada perbaikan nantinya .

Baca juga: Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Masih Rendah , BPK: Pemprov Bengkulu Harus Serius

"Sehingga tak ada lagi pedagang yang berjualan di pinggir jalan maupun trotoar dan juga tak ada lagi permasalahan kebersihan dan lainnya," ujar Helmi.

Sementara itu, Asisten II Saipul Apandi menyampaikan hingga saat ini untuk proses penilaian aset oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang ( KPKNL ) pun telah selesai , namun sampai saat ini belum jelas berapa nilai lelang yang ditetapkan.

Kendati demikian, rencana lelang untuk pengelolaan Pasar Panorama ke pihak ketiga akan segera terealisasi, dalam waktu dekat.

Baca juga: Diminta Presiden Jokowi Gunakan Mobil Listrik, Begini Respon Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

"Ada 6 item yang akan di lelang di pasar tersebut dan kita minta Disperindag membentuk tim untuk menilai item mana yang akan dilakukan . Kita sudah menggelar rapat dan tinggal memberikan SK nya saja, " sampainya.

Nanti di tangan pihak ketiga pasar panorama semakin baik, terutama terkait penataanya agar tak semrawut lagi dan terpenting ialah menjadi penyumbang PAD.

Baca juga: Pelajar Disabilitas di Kota Bengkulu Korban Rudapaksa oleh 10 Orang, Mengalami Trauma Berat

Dirinya juga tak bisa menampik dugaan indikasi kebocoran PAD dari sektor pasar Panorama Kota Bengkulu itu.

"Dengan adanya pihak ketiga yang mengelola pasar ini diharapkan dapat mengubah bentuk pasar dan menata para pedagang serta menertibkan retribusi yang harusnya masuk ke pihak pengelola," pungkasnya

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved