Tak Bisa Beli Solar, Pengepul Turunkan Harga Beli Sawit di Petani, Selisih Rp 500 dari Harga Pabrik

Pemerintah Indonesia resmi melarang kendaraan jenis mobil dump truk untuk mengisi solar subsidi di SPBU sejak Sabtu (3/9/2022) lalu.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Mobil-mobil jenis dump truk yang mengangkut TBS sawit tak bisa lagi mengisi BBM jenis Solar di SPBU, Kamis (15/9/2022). Hal ini membuat pengepul menurunkan harga beli sawit dari petani.  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Pemerintah Indonesia resmi melarang kendaraan jenis mobil dump truk untuk mengisi solar subsidi di SPBU sejak Sabtu (3/9/2022) lalu. 

Larangan penggunaan solar subsidi untuk dump truk membuat pengumpul tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Bengkulu Tengah harus menggunakan BBM jenis Dexlite dengan harga Rp 17.800 perliter untuk kendaraannya. 

Artinya hal tersebut membuat para pengumpul TBS harus mengeluarkan kocek berlebih untuk biaya transportasi karena tidak beli membeli solar subsidi. 

Untuk mengatasi pengeluaran berlebih tersebut pengepul sawit akhirnya membeli TBS sawit di petani dengan harga yang jauh lebih murah. 

Hendra salah satu pengumpul TBS sawit di Bengkulu Tengah mengungkapkan, hal tersebut memang harus dilakukan karena harga BBM yang sangat tinggi. 

"Kalau biasanya kita ambil jarak harga Rp 300 perkilogram dari harga pabrik, sekarang jadi Rp 400 hingga Rp 500 per kilogram," kata Hendra kepada TribunBengkulu.com, Kamis (15/9/2022). 

Hendra lebih memilih menggunakan BBM jenis Dexlite daripada harus menggunakan solar subsidi eceran. 

"Solar subsidi sekarang yang eceran sudah hampir sama harganya sama Dexlite, sekarang sudah Rp 13 ribu perliter," ungkapnya. 

Lebih lanjut, Hendra pun berharap agar aturan yang sangat memberatkan para pemilik kendaraan jenis dump truk pribadi dapat dipermudah. 

"Harusnya ada pembeda mana pemilik mobil punya perusahaan mana pemilik pribadi, jadi kami juga bisa terbantu," kata Hendra.

Baca juga: END! Nonton Streaming Adamas Episode 16 Gratis Mirip Drakorindo, Malam Ini Kamis 15 September 2022

Baca juga: Alasan Ibu Muda di Kepahiang Curi Iphone 7+ Anak Majikan Untuk Gaya-gayaan

Baca juga: Jadwal Tayang Drama Korea Hari Ini Kamis 15 September 2022 Ada Adamas Episode Terakhir dan Good Job

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved