Tindak Lanjut Rekomendasi BPK Masih Rendah , BPK: Pemprov Bengkulu Harus Serius

Karena saat ini sudah memasuki pertengahan bulan September, dirinya meminta kepada Pemda Provinsi Bengkulu untuk menanggapi hal ini dengan serius.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Hendrik Budiman
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Hasil tindak lanjut Pemda Provinsi Bengkulu atas rekomendasi hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bengkulu masih terbilang rendah. Ini disampaikan saat serah terima jabatan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu, Kamis (15/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra.

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Hasil tindak lanjut Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Bengkulu atas rekomendasi hasil pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Bengkulu masih terbilang rendah.

Pasalnya meski mendekati akhir tahun 2022, hingga saat ini angka persentase hasil tindak lanjut Pemda Provinsi Bengkulu atas rekomendasi hasil pemeriksaan BPK masih berada pada angka 73.06 persen.

Baca juga: Pelajar Disabilitas di Kota Bengkulu Korban Rudapaksa oleh 10 Orang, Mengalami Trauma Berat

"Angka ini masih terbilang rendah, karena masih berada dibawah target angka nasional yaitu 75,00 persen," ungkap Auditor Utama Keuangan Negara V, Dori Santosa saat menyampaikan sambutan dalam acara serah terima jabatan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu, Kamis (15/9/2022).

Karena saat ini sudah memasuki pertengahan bulan September, dirinya meminta kepada Pemda Provinsi Bengkulu untuk menanggapi hal ini dengan serius.

Apalagi saat ini sudah banyak Provinsi lain yang sudah mencapai angka 75,00 persen sesuai dengan target yang ditetapkan secara nasional.

Baca juga: Pengacara Terdakwa Kasus Aborsi di Kepahiang: Tuntutan Jaksa Tak Terbukti di Persidangan

Disisi lain, capaian predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang diraih oleh 10 Kabupaten/Kota dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2021, juga turut diapresiasi oleh Dori.

Menurutnya ini harus menjadi acuan bagi setiap daerah untuk terus meningkatkan kinerja, mengingat predikat opini WTP bukan hal yang mudah untuk didapatkan.

"Kita meminta agar predikat opini WTP adalah sesuatu yang harus terus diupayakan, kita juga terus mengharapkan adanya perbaikan dalam pengelolan keuangan di daerah," ujar Dori.

Baca juga: Diminta Presiden Jokowi Gunakan Mobil Listrik, Begini Respon Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah

Terpisah Kepala BPK RI Perwakilan Bengkulu, Muhammad Toha Arafah yang baru saja melakukan serah terima jabatan, mengingatkan agar pemerintah daerah segera menyelesaikan hasil tindak lanjut atas rekomendasi BPK yang masih rendah.

Selain itu dirinya juga mendorong agar para anggota DPRD selalu lembaga pengawas kinerja pemerintah daerah juga ikut mendorong, agar hasil tindak lanjut tersebut dapat segera diselesaikan.

"Peran Legislatif juga sangat dibutuhkan untuk terus mendorong penyelesaian hasil tindak lanjut tersebut," kata Toha.

Baca juga: UPDATE Harga Minyak Goreng di Bengkulu Hari Ini Naik 10 Persen

Sementara itu, menanggapi hasil tindak lanjut atas rekomendasi BPK yang masih dibawah angka Nasional, Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah tampaknya tidak terlalu ambil pusing.

Dirinya yakin, hingga akhir tahun nanti, Pemda Provinsi Bengkulu akan dapat menyelesaikan hasil tindak lanjut atas rekomendasi BPK tersebut.

"Untuk tindak lanjut ya, itu tinggal sedikit lagi," ujar Rohidin.

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved