Kepergok Isi BBM Berulangkali, Penggunjal Pertalite di Bengkulu Selatan Ditangkap Polisi yang Nyamar

Ep (38) seorang penggunjal BBM, warga Kelurahan Kayu Kunyit Kecamatan Manna Bengkulu Selatan diamankan polisi.

Ahmad Sendy Kurniawan Putra/Tribunbengkulu.com
Unit Tipidter Satreskrim Polres bengkulu Selatan mengamankan penggunjal BBM subsidi jenis pertalite. Kepergok polisi yang nyamar mengisi BBM berulang kali. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Ep (38), warga Kelurahan Kayu Kunyit Kecamatan Manna Bengkulu Selatan diamankan polisi. Lantaran kedapatan melakukan pengisian BBM jenis Pertalite berulang kali atau menjadi penggunjal BBM.

Padahal, jelas-jelas sesuai dengan Surat Edaran (SE) Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan Nomor : 510/199/Perindagkop dan UM/VIII/200 tentang Pembatasan Pembelian BBM di SPBU, masyarakat dan petugas SPBU dilarang membeli ataupun melayani pembelian BBM yang berulang kali. 

Seperti, masyarakat hanya boleh membeli BBM jenis Pertalite sebanyak 20 liter untuk kendaraan roda empat per harinya.

Tujuan pemerintah daerah menbatasi penggunaan dan pembelian BBM adalah tidak lain untuk menimalisir praktik penimbunan dan penggunjal BBM yang diduga sebagai penyebab antrean panjang BBM di Bengkulu Selatan.

Kanit Tipidter Satreskrim Polres Bengkulu Selatan, Ipda Priyanto menjelaskan, penggunjal BBM ini diamankan langsung oleh anggota unit Tipidter Polres Bengkulu saat sedang memantau pendistribusian BBM di SPBU.

Aktivitas pengisian berulang kali terpantau oleh pihaknya karena ada polisi yang disiagakan di sejumlah SPBU tanpa diketahui oleh masyarakat. Menempatkan anggota menggunakan pakaian preman.

"Kami menyamar menggunakan pakaian preman, alhasil memang kami temukan sesuai dengan laporan dari masyarakat serta temuan di lapangan," kata Priyanto kepada TribunBengkulu.Com, Jumat (16/9/2022).

Sedangkan penggunjal BBM inisial Ep (38) ditangkap saat Ep akan melakukan pengisian kedua kalinya.

Lalu anggota langsung menghentikan pengisian dan langsung mengamankan Ep beserta kendaraan yang digunakan ke Mapolres Bengkulu Selatan.

Dari keterangan Ep, BBM jenis pertalite yang didapatnya tersebut akan dijualnya kembali ke pengecer.

Namun setelah sempat diamankan, Ep penggunjal BBM ini tidak diproses secara hukum oleh polisi. Hanya dilakukan pembinaan serta wajib lapor.

Penggunjal dibebaskan dengan syarat tidak mengulangi lagi perbuatannya dan menandatangani surat pernyataan.

"Kepada seluruh masyarakat untuk tidak mencari uang dengan cara melawan hukum. Jika kembali didapat kita akan memproses seperti mana hukum yang ada dan berlaku," ujar kanit.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Bengkulu Hari Ini, BMKG: Berawan, Potensi Hujan Ringan-Lebat di Wilayah Ini

Baca juga: Berapa Harga Emas di Bengkulu Hari ini? Cek Daftar Lengkap Harga Emas Antam dan UBS

 
 
  

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved