Pencatutan Nama oleh Partai Politik, 15 Warga Klarifikasi ke KPU Kota Bengkulu Untuk Pulihkan Nama

Belasan warga mendatangi kantor KPU Kota Bengkulu. Untuk melakukan klarifikasi atas laporan warga terkait pencatutan nama oleh parpol.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Sejumlah warga dan perwakilan partai di KPU Kota Bengkulu sedang menunggu giliran klarifikasi atas laporan pencatutan nama sebagai anggota parpol, Jumat (16/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Belasan warga mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu. Untuk melakukan klarifikasi atas laporan pencatutan nama oleh partai politik (parpol).

Inza Saputera, SH, salah satu warga Kota Bengkulu yang datang ke KPU Kota Bengkulu karena namanya dicatut oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjelaskan. Langkah ini diambil untuk memulihkan namanya.

Ia tidak pernah merasa mendaftarkan diri sebagai anggota partai politik.

"Kita apresiasi langkah cepat KPU, saya tidak merasa jadi anggota partai. Tapi di Sipol nama saya tercatut," kata Inza, Jumat (16/9/2022).

Klarifikasi ini ia lakukan agar kedepannya tidak ada pencatutan namanya seperti ini. Ia pun mengajak masyarakat untuk memeriksa data diri melalui aplikasi Sipol atau bisa melalui website mengecek identitasnya di https://infopemilu.kpu.go.id/

"Untuk semua bisa mengecek identitas diri, melakukan https://infopemilu.kpu.go.id/," imbaunya.

Selain, Inza, Alif juga mengalami hal yang sama. Namanya dicatut oleh Partai Amanat Nasional (PAN), padahal ia sendiri, tidak pernah ikut mendaftar sebagai anggota partai politik.

"Ya nggak pernah ikut, khawatir nanti nggak bisa daftar PNS atau pekerja yang memang syaratnya bukan anggota parpol," kata Alif.

Untuk diketahui, hingga saat ini KPU Kota Bengkulu menemukan 15 laporan atas pencatutan nama oleh parpol.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved