Tata Cara Sholat Hajat Beserta Doa Niat dan Waktu Pelaksanaannya, Doa Mustajab Meminta Pertolongan

 Sholat Hajat merupakan sholat sunnah, jika tidak dilaksanakan tidak mendapat dosa. Biasanya, umat Muslim melaksanakan sholat hajat karena punya niat

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
TribunBengkulu.com
Ini Tata Cara Sholat Hajat Beserta Doa, Niat dan Waktu Pelaksaannya Doa Mustajab Meminta Pertolongan 

TRIBUNBENGKULU.COM - Sholat Hajat merupakan sholat sunnah, jika tidak dilaksanakan tidak mendapat dosa. Biasanya, umat Muslim melaksanakan sholat hajat karena punya niat dan meminta sesuatu dari Allah SWT.

Berikut kita akan bagikan tata cara sholat hajat beserta niat, doa, waktu pelaksanaan dan berapa rakaat sholat hajat ? Anda sedang bingung ingin meminta sesuatu yang belum bisa anda beli, untuk kebutuhan sehari-hari, belajar dan sebagainya, maka melalui sholat hajat Allah SWT akan memberikan petunjuk untuk anda. 

Rakaat sholat hajat, dari 2 sampai 12 rakaat, tergantung anda mau berapa rakaat sholat hajat. Namun dianjurkan 12 rakaat, agar keinginan anda lebih makbul. Setiap rakaat, anda melafazkan surat Al-Fatihah, Ayat kursi dan Al Ikhlas secara berurutan. Ingat, sholat hajat harus dilaksanakan secara khusyuk.

Waktu sholat hajat bisa dilaksanakan siang atau malam hari. Namun yang harus anda pahami ada waktu terlarang, jangan sholat hajat setelah subuh sampai terbit matahari, setelah ashar, dan lainnya

Berikut ini akan dijelaskan bacaan niat sholat, tata cara, dan doa sholat hajat

Tata cara shalat hajat :

1. Niat Sholat

Niat sholat hajat niat juga diucapkan dalam hati seperti pada umumnya. Karena yang terpenting niat hanya karena Allah dengan hati yang ikhlas dan juga mengharap ridho-Nya. Dan berikut ini adalah lafadzh niat shalat:

Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala.

Artinya: Saya niat shalat sunnah dua rakaat karena Allah Ta'ala

2. Melafazkan Doa Iftitah dan Al Fatihah 

Setelah melafazkan niat sholat hajat, sebenarnya sama seperti sholat 5 waktu seperti biasanya, yaitu, melafazkan doa Iftitah dan Al Fatihah. 

Berikut melafazkan doa iftitah:

Allahu Akbaru kabiiraw-walhamdu lillaahi katsiiran, wa subhaanallaahi bukrataw wa'ashiila. Innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas-samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal mushrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil 'aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.

Setelah membaca doa Iftitah, dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah.

3. Membaca Surat Pendek

Membaca surat-surat pendek dapat dilakukan dengan membaca surat-surat yang biasa dibaca ketika berdoa sholat hajat. Namun, dalam tata cara sholat ini, alangkah baiknya membaca Surat Al-Ikhlas pada rakaat pertama atau Surat Al-Karifuun sebanyak 3 kali.

Sedangkan untuk rakaat kedua bisa membaca Ayat Kursi.

4. Ruku dengan Tuma’ninah

5. Iktidal dengan Tuma’ninah

6. Sujud dengan Bacaan Tuma’ninah

7. Duduk di Antara Dua Sujud dengan Tuma’ninah

8. Sujud Kedua dengan Tuma’ninah

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved