Jalan Rusak Akibat Perusahaan di Bengkulu Utara, Polda Bengkulu: Jika Disengaja Akan Dipidana

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno mengatakan kasus perusakan jalan di Bengkulu Utara oleh perusahaan masih dalam pemantauan oleh Polda Be

Penulis: Romi Juniandra | Editor: Hendrik Budiman
Romi/TribunBengkulu.com
Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno. Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno mengatakan kasus perusakan jalan di Bengkulu Utara oleh perusahaan masih dalam pemantauan oleh Polda Bengkulu. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Terkait kerusakan jalan yang menjadi wewenang Pemerintah Provinsi Bengkulu oleh perusahaan Polda Bengkulu angkat bicara.

Kabid Humas Polda Bengkulu, Kombes Pol Sudarno mengatakan kasus perusakan jalan di Bengkulu Utara oleh perusahaan masih dalam pemantauan oleh Polda Bengkulu.

Saat ini, Polda Bengkulu belum akan bertindak, dan menyerahkan permasalahan pengrusakan tersebut ke pihak yang lebih berwenang, seperti Dinas ESDM atau badan pemerintah yang berwenang lainnya.

Baca juga: Harga Jagung Anjlok, Petani di Kaur Menjerit Lantaran Harga Jual Tak Sebanding

"Mereka yang melakukan pengawasan. Misalnya jarak antara lokasi mengambil batu bara dan jalan. Kan sudah ada aturan," kata Sudarno kepada TribunBengkulu.com, Minggu (18/9/2022).

Menurutnya, permasalahan ini baru masuk dalam ranah pidana dan ditangani kepolisian jika ada unsur kesengajaan dari pihak perusahaan untuk merusak jalan.

"Tapi kalau tidak ada unsur kesengajaan, kita lihat apa penyebabnya," kata Kombes Pol Sudarno, Minggu (18/9/2022).

Baca juga: 3 Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Terpilih Hasil Seleksi Direncanakan Dilantik 21 September 2022

Sebelumnya, diketahui jalan provinsi sepanjang lebih kurang 3 kilometer di Desa Gunung Payung, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara, mengalami kerusakan akibat aktivitas pengerukan di sisi jalan oleh perusahaan tambang.

Diduga pihak perusahaan mengeruk sisi jalan ini karena memiliki kandungan batu bara.

Baca juga: Penggunjal Ditangkap, Antrean di SPBU Bengkulu Selatan Normal, Warga Tak Perlu Berjam-Jam Dapat BBM

Pihak Pemprov Bengkulu dan Kajati Bengkulu kemudian meminta pihak perusahaan melakukan penggantian.

Ada 2 alternatif yang ditawarkan, pihak perusahaan memperbaiki jalan yang sudah ada yang sebelumnya dirusak, atau perusahaan menyiapkan jalan baru, yang nilainya sama dengan jalan provinsi.

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved