Biar Tidak Tertipu Lagi, Begini Cara Memilih Buah Durian yang Tebal dan Manis

Pencinta durian pasti tahu nih, di sepanjang jalan Kota Bengkulu pasti kita akan menemukan banyak sekali buah durian yang dijual dengan beragam harga

Editor: M Arif Hidayat
Tribunnews.com
ilustrasi buah durian, Begini Cara Memilih Buah Durian yang Tebal dan Manis 

TRIBUNBENGKULU.COM - Pencinta durian pasti tahu nih, di sepanjang jalan Kota Bengkulu pasti kita akan menemukan banyak sekali buah durian yang dijual dengan beragam harga. Nah agar kamu tidak tertipu ketika membeli durian, berikut ini tips cara memilih durian yang manis dan berdaging tebal. Meskipun banyak juga yang tidak menyukai buah yang unik satu ini. Baik karena aromanya yang menyengat maupun karena rasanya.


Namun bagi yang menyukai tentu saja saat berada di sepanjang jalan melihat banyak durian auto mata tidak dapat lepas memandangi buah tersebut. Bukan hanya itu aromanya yang harum membuat si pencinta durian betah berlama-lama mencium baunya loh. Namun masih banyak yang tidak tahu cara memilih buah durian yang manis dan berdaging tebal.


Berikut ini tips cara memilih durian yang manis dan berdaging tebal agar tidak tertipu ketika membelinya. 


1. Buka di Tempat


Tips yang pertama yaitu dengan membuka durian di tempat anda membeli. Sehingga cara ini tentu dapat membantu anda agar mendapatkan mana durian yang manis dan tebal. Jadi jangan pernah malu dan ragu untuk menanyakan apakah dapat mencoba durian di tempat.

Sehingga anda dapat memastikan kualitas durian yang mereka jual, selain itu meminimalisir agar tidak terjadi penipuan. Sayang sekali jika sudah merogoh kocek yang lumayan besar, namun durian yang didapatkan justru zonk besar.


2. Mencium Aromanya


Meskipun cara ini cukup klasik namun jangan salah, cara ini juga cukup ampuh loh. Durian yang matang tentu akan mengeluarkan aroma harum yang menyengat meskipun belum dibuka. Jadi meski di tempat anda membeli durian pemiliknya ternyata tidak mengizinkan anda untuk mencobanya di tempat, cara ini mungkin boleh untuk anda lakukan.


3. Bobot Durian Ringan


Cara yang ketiga boleh untuk anda coba. Pastikan durian yang anda pilih cukup ringan. Biasanya durian yang matang akan ringan ketika diangkat. Berbeda dengan durian hasil praman, durian praman biasanya ketika diangkat akan terasa berat. Karena durian tersebut hasil praman atau diambil ketika belum matang.


4. Mengeluarkan bunyi


Biasanya durian yang rasanya manis akan mengeluarkan bunyi gema ketika buah durian dipukul. Jika durian tersebut berbunyi ketika dipukul menggunakan pisau berarti durian tersebut sudah matang.


5. Bentuk Durian 


Cara yang kelima ini cukup mudah, yaitu dengan cara memilih bentuk Durian. Biasanya durian yang bentuknya bulat cenderung banyak isi dagingnya. Sedangkan durian yang bentuknya lonjong cenderung memiliki daging yang sedikit. 


Baiklah, itu saja informasi singkat tips cara memilih durian manis agar tidak tertipu ketika membeli durian. Pastikan ketika anda membeli durian membawa uang. Jangan sampai sudah mencoba durian tapi ternyata lupa membawa uang. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved