Kejati Pastikan Jalan Provinsi di Bengkulu Utara Rusak Akan Segera Diperbaiki Perusahaan Tambang

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu memastikan pergantian jalan provinsi yang dirusak perusahaan tambang di Bengkulu Utara akan segera dikerjakan.

Penulis: Romi Juniandra | Editor: M Arif Hidayat
Romi/TribunBengkulu.com
Kasi Penkum Kejati Bengkulu, Ristianti Andriani menjelaskan pihaknya terus mendorong agar perushaaan tambang mengganti kerusakan jalan provinsi di Bengkulu Utara 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Romi Juniandra


TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Bengkulu memastikan pergantian jalan provinsi yang dirusak perusahaan tambang di Bengkulu Utara akan segera dikerjakan.


Kasi Penkum Kejati Bengkulu, Ristianti Andriani mengatakan proses penggantian sempat terkendala dengan belum keluarnya Analisis dampak lingkungan (AMDAL).


"Dan sekarang AMDAL sudah keluar, jadi tinggal pelaksanaan pembangunan jalan tersebut oleh pihak perusahaan," kata Ristianti kepada TribunBengkulu.com, Senin (19/9/2022).


Dikatakan Ristianti, sejak pengrusakan ini mencuat, pihak terus melakukan pemantauan oleh bidang Pidana Khusus (Pidsus).


Kejati sendiri memilih tidak mengambil langkah pidana, melainkan azas kemanfaatan, sehingga jalan tersebut harus diganti oleh pihak perusahaan.


"Dan jalan tersebut dapat dilalui kembali oleh masyarakat yang ada di sekitar," ujar dia.


Jalan yang akan diganti adalah jalan lama yang rusak, dan kemudian dibangun kembali dengan spesifikasi lebih tinggi dari jalan sebelumnya.


Sebelumnya, jalan provinsi sepanjang lebih kurang 3 kilometer di Desa Gunung Payung, Kecamatan Pinang Raya, Kabupaten Bengkulu Utara, mengalami kerusakan akibat aktivitas pengerukan di sisi jalan oleh perusahaan tambang.


Pihak perusahaan mengeruk sisi jalan ini karena memiliki kandungan batu bara.


Pihak Pemprov Bengkulu dan Kajati Bengkulu kemudian meminta pihak perusahaan melakukan penggantian.


Ada 2 alternatif yang ditawarkan, pihak perusahaan memperbaiki jalan yang sudah ada yang sebelumnya dirusak, atau perusahaan menyiapkan jalan baru, yang nilainya sama dengan jalan provinsi.

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved