Pemkot Bengkulu Gelar Lomba Merdeka Sampah Antar Kelurahan, Hadiahnya Puluhan Juta Rupiah

Mulai hari ini, sampai pertengahan Desember nanti Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar lomba kebersihan lingkungan disetiap kelurahan dengan me

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: M Arif Hidayat
Jiafni Rismawarni/Tribunbengkulu.com
Kepala DLH Kota Bengkulu, Riduan menyampaikan untuk hadiah lomba merdeka sampah ini, disiapkan puluhan juta rupiah. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Mulai hari ini, sampai pertengahan Desember nanti Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu menggelar lomba kebersihan lingkungan disetiap kelurahan dengan mengusung tema merdeka sampah, Bisa!!

"Lomba merdeka sampah ini, tujuannya bagaimana menyadarkan masyarakat terhadap tanggung jawab sosialnya terhadap sampah, dan penilaian itu ada beberapa aspek, " kata Riduan, Selasa (20/9/2022).

Untuk hadiah yang disiapkan untuk juara lomba merdeka sampah ini, adalah juara pertama mendapat uang tunai sebesar Rp 20 juta, juara kedua sebesar Rp 15 juta, dan juara tiga sebesar Rp 10 juta, termasuk untuk  juara harapan mendapatkan Rp 5 juta.

"Pesertanya adalah 67 kelurahan yang ada di Kota Bengkulu. Kalau kita lihat sekarang ini, memang banyak berkurang kesadaran akan kebersihan lingkungan, makanya kita adakan lomba ini, " jelasnya.

Apalagi saat ini, volume sampah menumpuk di Kota Bengkulu ini. Diakuinya sekarang semakin kurangnya kesadaran masyarakat akan menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Bahkan aga sejumlah oknum yang masih membuang sampah disembarang tempat. Hal ini, tentu membuat volume sampah di Kota Bengkulu menumpuk.

"Bahkan hingga mencapai 400 ton per hari, petugas pun sampai kewalahan dalam mengelolanya, " jelasnya.

Oleh karenanya, melalui Dinas Lingkungan Hidup, Pemerintah Kota Bengkulu menginisiasi diadakannya perlombaan kebersihan lingkungan antar 67 kelurahan. Reward yang akan didapatkan, oleh pemenang dari lomba ini mencapai puluhan juta rupiah. Meskipun saat ini pihaknya juga masih mencari tambahan dari donatur untuk hadiah lomba, yang akan diberikan pertengahan Desember nanti.

"Waktu perlombaan merdeka sampah ini, dimulai dari hari ini hingga pertengahan bulan desember mendatang. Dengan adanya perlombaan ini, masyarakat dapat lebih bertanggung jawab dalam mengolah sampah, " tutup Riduan. 

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved