Pencatutan Nama di Sipol, Hasil Klarifikasi 15 Nama Warga Kota Bengkulu Dicatut Parpol ke KPU RI

Setelah dilakukan tahapan klarifikasi atas tanggapan masyarakat soal pencatutan nama di sipol oleh parpol, saat ini 15 nama warga Kota Bengkulu ke KPU

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Anggota KPU Kota Bengkulu Devisi Teknis dan Penyelenggaraan, Deby Harianto usai menjelaskan mekanisme klarifikasi tanggapan masyarakat di Kota Bengkulu soal pencatutan nama di sipol oleh parpol. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Setelah dilakukan tahapan klarifikasi atas tanggapan masyarakat soal pencatutan nama di sipol oleh Partai Politik (parpol), saat ini 15 nama warga Kota Bengkulu sudah dikirimkan ke KPU RI.

Hasil klarifikasi pencatutan nama di sipol oleh parpol sudha ke KPU RI disampaikan oleh Anggota KPU Kota Bengkulu Devisi Teknis dan Penyelenggaraan, Deby Harianto.

Ia menjelaskan, proses klarifikasi pencatutan nama di sipol oleh parpol, sudah dilakukan berdasarkan ketentuan pasal 140 PKPU 4 Tahun 2022 dan Surat KPU RI nomor 670 tentang Tanggapan Masyarakat.

"Ketika sudah dilakukan klarifikasi,  itu kita sampaikan hasil klarifikasi ke KPU RI," kata Deby.

KPU Kota Bengkulu melaksanakan klarifikasi terhadap warga masyarakat dan partai politik terkait adanya tanggapan masyarakat.

Saat pelaksanaan klarifikasi, juga di awasi langsung oleh Bawaslu Kota Bengkulu.

"Inikan masih berlanjut ya, artinya ketika misalnya setelah proses kemarin yang kita lakukan, namun masih ada warga yang memberikan tanggapan terkait hal yang sama, maka nanti akan kita lakukan tindaklanjuti laporan baru itu, " jelasnya.

Untuk klarifikasi ini, lanjut Deby, akan dihitung pelaksanaannya  per termin dan tergantung ada tidaknya laporan sampai Pemilu 2024 nanti.

Terkait tanggapan masyarakat ini, daftar nama yang ada namanya di sipol di termin pertama langsung dari KPU RI melalui Helpdesk. Kemudian, nama-nama tersebut dilakukan klarifikasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved