Dongkrak Perekonomian Nasional, Menko Airlangga Dukung Industri Olahraga Mendunia

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya, Selasa (20/9/2022).

Editor: Hendrik Budiman
HO TribunBengkulu.com
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya, Selasa (20/9/2022) 

TRIBUNBENGKULU.COM - Dalam mendongkrak perekonomian nasional, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendukung industri olahraga Indonesia mendunia.

Hal itu diungkapkannya saat menghadiri Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Wushu 2022 di Graha Universitas Negeri Surabaya, Selasa (20/9/2022).

Menurut Airlangga, pengembangan sektor olahraga terus mendapatkan dukungan dari Pemerintah dan diharapkan menjadi bagian penting dalam sistem pembangunan nasional.

Baca juga: Penambang Emas di Lebong Selamat Setelah Terperosok ke Lubang Tambang Sedalam 25 Meter

Hal tersebut juga seiring dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyampaikan bahwa olahraga merupakan industri yang cakupannya sangat luas.

Industri olahraga tidak hanya terkait dengan industri events namun juga termasuk industri apparel atau clothing line, perlengkapan olahraga, hingga broadcasting dan commercial.

"Sektor olahraga juga memiliki kemampuan untuk menjadi salah satu pendongkrak perekonomian dan mengembangkan sport tourism nasional," ujarnya.

Baca juga: Sidang Oknum Polisi Aniaya ART di Bengkulu, Berikut Kesaksian Korban Yesi Apriliya

Dalam menentukan arah kebijakan pembinaan keolahragaan nasional dalam jangka panjang secara terintegrasi dan kolaboratif untuk meningkatkan daya saing bangsa dalam bidang keolahragaan.

Pemerintah telah menetapkan 12 cabang olahraga unggulan ke dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2021.

Lebih lanjut, wushu merupakan salah satu cabang olahraga yang termasuk dalam DBON dan penetapannya dilakukan berdasarkan kajian akademisi, pakar, dan praktisi olahraga dengan melihat perkembangan prestasi wushu Indonesia dari tahun 2010 hingga tahun 2021.

Dalam kejurnas wushu yang dihadiri Ketum Partai Golkar tersebut menjadi ajang uji prestasi bagi para atlet wushu junior.

Baca juga: Sidang Etik Brigjen Hendra Kurniawan Diundur Dengan Alasan Saksi Kunci Sakit Parah

Halaman
12
  • Berita Lainnya
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved