Hati - hati WhatsApp Disadap, Berikut Cara Mengamankan WhatsApp Agar Tidak Disadap

Dalam menggunakan media sosial kerap kali kita diminta harus senantiasa berhati-hati. Pasalnya, banyak sekali kita temui kasus peretasan atau penyadap

Editor: M Arif Hidayat
TribunBengkulu.com
Cara mudah agar whatsApp tidak disadap 

TRIBUNBENGKULU.COM - Dalam menggunakan media sosial kerap kali kita diminta harus senantiasa berhati-hati. Pasalnya, banyak sekali kita temui kasus peretasan atau penyadapan yang dilakukan oleh oknum yang tak bertanggungjawab. Termasuk penyadapan yang dilakukan pada WhatsApp anda. Namun jangan khawatir kami akan memberi tahu anda bagaimana cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap.


Semakin berkembangnya teknologi, semakin memudahkan kita untuk menemukan informasi. Tak terkecuali adanya WhatsApp ini. Aplikasi ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan baik dari remaja, dewasa, anak-anak, bahkan orang tua untuk saling berkomunikasi. Namun apa jadinya jika WhatsApp yang kita gunakan saat ini ternyata sedang disadap orang? Maka tentu kita harus melakukan cek dan ricek apakah apakah WhatsApp yang kita gunakan aman ataukah tidaknya. Pastikan anda tau langkah cara untuk mengamankan WhatsApp anda agar tidak mudah disadap. 


Aplikasi yang memudahkan kita bertukar pesan tanpa menggunakan pulsa ini didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum pada tahun 2009. Dengan menyediakan berbagai fitur. Aplikasi ini dapat anda download melalui play store atau App store. 


Nah agar WhatsApp kita tidak mudah disadap orang, ada banyak hal yang dapat kita lakukan untuk mengamankan serta memperkuat keamanannya. Berikut ini langkah cara mengamankan WhatsApp yang telah disadap.


1. Selalu Logout Dari WhatsApp Web


Cara yang pertama pastikan anda senantiasa logout dari WhatsApp web. Hal ini untuk memastikan agar WhatsApp yang anda gunakan tidak mudah disadap orang.

Kita juga bisa melihat perangkat siapa saja yang menggunakan akun anda melalui WhatsApp web. Dengan cara klik tanda titik tiga pada pojok kanan atas, lalu klik WhatsApp web. Setelah itu akan muncul yang login menggunakan akun anda. Selanjutnya anda cukup memiliki logout dari semua perangkat.


2. Lakukan Verifikasi Dua Langkah


Cara yang selanjutnya yaitu dengan melakukan verifikasi dua langkah. Hal ini agar mencegah akun WhatsApp yang kita gunakan tidak mudah disadap atau diretas.


Caranya cukup anda mengklik "titik tiga" di pojok kanan atas. Setelah itu klik"Setelan", lalu pilih menu "Akun" pada halaman tersebut. Selanjutnya klik pilihan "Verifikasi Dua Langkah", kemudian masukan kode sandi pada WhatsApp anda untuk mengamankannya. Pastikan anda mengingat atau mencatat kode sandi tersebut agar tidak lupa. 


3. Gunakan Pemindai Sidik Jari


Langkah selanjutnya gunakan Pemindai sidik jari. Lakukan pengaktifan fitur pemindai sidik jari untuk mengamankan atau menghindari akun WhatsApp kita disadap orang lain.

Caranya cukup mudah yaitu dengan membuka aplikasi WhatsApp pada handphone anda, lalu pilih titik tiga pada pojok kanan atas. Setalah itu klik "Privasi",

lalu anda cukup memilih "Kunci Sidik Jari", selanjutnya klik "Aktifkan". Maka anda akan diminta untuk memasukkan sidik jari. Setalah itu pilihlah sekiranya berapa lama aplikasi WhatsApp anda terkunci otomatis.


4. Jangan Bagikan Pin Verifikasi


Ketika anda melakukan pendaftaran pada WhatsApp, biasanya akan ada notifikasi pesan berupa pin atas registrasi pendaftaran yang anda lakukan. Nah, untuk itu jangan sampai anda membagikannya kepada orang lain, atau jangan sampai orang lain mengetahui kode pin verifikasi WhatsApp anda. 


5. Aktifkan Notifikasi Keamanan


Langkah selanjutnya jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi keamanan anda. Hal ini berguna karena anda akan mendapatkan notifikasi apabila perangkat yang anda gunakan dipakai oleh orang lain.


Itu saja langkah cara mengamankan WhatsApp yang telah disadap orang yang tak bertanggungjawab. Semoga langkah ini dapat membantu anda semua. Tetap waspada dan teruslah berhati-hati, karena kejahatan dapat mengintai kita setiap saat. 

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved