Hadiri Kegiatan Penas KTNA di Sumbar, Pemprov Bengkulu Butuh Anggaran Rp 1,2 Miliar

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan yang digelar di Ruang Rapat Raflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Kamis (22/9/2022) hari ini.

Penulis: Beta Misutra | Editor: Hendrik Budiman
Beta Misutra/TribunBengkulu.com
Rapat persiapan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI yang digelar di Provinsi Sumatera Barat, pada bulan Juni tahun 2023 mendatang, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Beta Misutra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Pada kegiatan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI yang digelar di Provinsi Sumatera Barat, pada bulan Juni tahun 2023 mendatang, pemprov Bengkulu butuh anggaran Rp. 1,2 miliar.

Hal itu terungkap dalam rapat persiapan yang digelar di Ruang Rapat Raflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Kamis (22/9/2022) hari ini.

Dari pemaparan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan akan ada sekitar 900 orang yang akan diberangkatkan ke Penas KTNA tahun depan.

Baca juga: Aspirasi Mahasiswa Bengkulu Tolak Kenaikan Harga BBM Hari Ini Dibawa ke DPR RI

Sedangkan untuk kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk kegiatan Penas KTNA ini ditaksir mencapai Rp 1,2 Miliar, yang harus dianggaran dalam APBD tahun 2023 mendatang.

"Kita memastikan dulu kesiapan masing-masing daerah, termasuk di Provinsi Bengkulu ini, terutama soal penganggarannya," ungkap Ricky, Kamis (22/9/2022).

Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu, Jonaidi mengatakan kegiatan Penas KTNA ini seharusnya dilaksankan pada tahun 2020 lalu.

Baca juga: Proyek KYG BTN Bengkulu Senilai Rp 10 Miliar Diusut Jaksa, Pihak BTN Hormati Proses Hukum

Namun akibat pandemi Covid-19, sehingga kegiatan ini terpaksa ditunda pelaksanaannya pada tahun 2023 mendatang.

Selanjutnya terkait dengan pelaksanaan Penas KTNA, Jonaidi mengingatkan agar kegiatan jangan sampai hanya dijadikan rutinitas jalan-jalan.

Namun harus ada hasil yang dibawa oleh peserta, usai mengikuti kegiatan Penas KTNA mendatang.

"Selain itu saya juga mengingatkan agar terkait anggaran untuk pelaksanaan Penas KTNA ini segera disampaikan. Kita akan utamakan dulu untuk KTNA, karena kita tidak mau dengar ada yang tidak dapat hotel, tidak dapat makan ataupun yang lainnya," ujar Jonaidi.

Baca juga: ABG yang Viral Curi Kotak Amal dan Video Asusila di Rejang Lebong Jalani Rehabilitas di Jambi

Apalagi nota penjelasan Gubernur terkait KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2023 akan digelar pada tanggal 7 Oktober 2022 mendatang.

Maka dari itu sebelum nota penjelasan Gubernur disampaikan, OPD yang bersangkutan diminta untuk segera menyampaikan kebutuhan terkait dengan Penas KTNA ini.

Karena pada akhir bulan Oktober 2022 diperkirakan Raperda APBD tahun anggaran 2023 sudah ketok palu.

"Silahkan nanti sebelum anggaran dibahas, silahkan bertandang ke DPRD Provinsi Bengkulu," pungkasnya.

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved