Jangan Salah Kaprah, Damkar Kota Bengkulu: Ini yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Kebakaran

Reaksi cepat mutlak diperlukan saat terjadi kebakaran untuk mengantisipasi korban dan menimalisir kerugian.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Bengkulu, Yuliansyah didampingi anggotanya menunjukan armada mobil pemadam kebakaran, Kamis (22/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Reaksi cepat mutlak diperlukan saat terjadi kebakaran untuk mengantisipasi korban dan menimalisir kerugian.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Bengkulu, Yuliansyah menjelaskan sering terjadi kekeliruan atas respon masyarakat bila terjadi kebakaran.

Lantaran, masih banyak masyarakat yang mengerumuni lokasi kebakaran, padahal hal tersebut bisa membahayakan.

"Ini bukan semau ya, tapi banyak yang berkumpul di lokasi kebakaran. Padahal, ini berbahaya, proses evakuasi dan pemadaman itu harus cepat. Jangan sampai terjadi kecelakaan atau hal lainnya," kata Yuliansyah, Kamis (22/9/2022).

Kebiasaan masyarakat yang mengerumuni lokasi kebakaran, lanjutnya, memang tidak bisa disalahkan.

Namun, ia berpesan kebiasaan ini harus diubah. Apalagi, lokasi kebakaran ini merupakan lokasi yang berbahaya. Apalagi tidak ada yang mengetahui, besarnya api di lokasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan, kobaran api ini menyebar.

Selain itu, dengan warga yang berkumpul, sering kali memenuhi akses jalan  masuknya armada Damkar. Sehingga, lebih banyak waktu yang dibutuhkan untuk petugas Damkar sampai ke lokasi kejadian.

"Petugas harus cepat sampai di lokasi, agar bisa memadamkan api. Cara memadamkan api pun sudah diajarkan khusus. Agar tepat lakukan tindakan saat kebakaran," Yuliansyah.

Dalam beberapa kali kesempatan, ada cerita unik yang ia alami, saat kebakaran terjadi. Pernah sejumlah warga menguasai selang air dari mobil Damkar.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved