Pendangkalan Muara Pasar Bawah Bengkulu Selatan, Wabup Instruksikan Dikeruk Pakai Alat Berat

Rifai mengaku dinas terkait dalam hal ini Dinas Perikanan Bengkulu Selatan akan segera melakukan perbaikan di pintu muara dengan cara dilakukan penger

Ahmad Sendy Kurniawan Putra/Tribunbengkulu.com
Tampak pendangkalan alur di mulut muara Pasar Bawah, Bengkulu Selatan pada Kamis (22/9/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Pendangkalan alur di muara Pasar Bawah Bengkulu Selatan, wakil bupati Bengkulu Selatan Rifai Tajudin menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan pengerukan.

Hal itu menanggapi keluhan para nelayan yang ada di Kelurahan Pasar Bawah Kecamatan Pasar Manna Bengkulu Selatan yang kesulitan melaut akibat pendangkalan alur itu.

Rifai mengaku dinas terkait dalam hal ini Dinas Perikanan Bengkulu Selatan akan segera melakukan perbaikan di pintu muara dengan cara dilakukan pengerukan.

Baca juga: Polisi Kantongi Pelaku Pengeroyokan dan Penusukan Pemuda di Bengkulu Selatan 

Wabup memastikan pengerukan akan dimulai sejak besok pagi, Jumat (23/9/2022).

Wakil Bupati Bengkulu Selatan, H. Rifa'i Tajudin mengatakan sebenarnya jadwal pengerukan tidak lakukan besok, tetapi hari ini. Karena hari ini alat yang digunakan untuk melakukan pengerukan belum bisa didatangkan. Terpaksa besok diapastikan pengerukan pintu muara sudah berjalan.

"Hari ini sebenarnya kita jadwalkan pengerukan dimulai. Namun, karena ada kendala sedikit tidak ada transpotasi angkut alat tersebut dan dipastikan mulai Jumat (22/9/2022) besok pengerjaan akan dilakukan," kata Rifai kepada TribunBengkulu.com, Kamis (22/9/2022).

Baca juga: Maraknya Lahan Parkir Dijadikan Lapak Jualan, Komisi III DPRD Kota Bengkulu Bakal Panggil Dishub

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Bengkulu Selatan, Santono mengatakan, pengerukan nantinya menggunakan alat berat milik pemerintah daerah Bengkulu Selatan sendiri dan tidak menggunakan alat berat milik swasta

"Pakai alat DLHK, tetapi anggaran mobilisasi serta yang lain tetap dari Dinas Perikanan. Besok dipastikan berjalan, seharunya memang siang tadi Kamis (22/9/2022)," ungkap Santono.

Baca juga: Antrean BBM di SPBU Kota Bengkulu Mengular, Warga: Sering Ganggu Lalu Lintas Jalan

Menurutnya, mekanisme pengerukan nantinya hanya dibagian muara buatan saja.

Sedangkan untuk muara utama sungai belum dapat dilakukan lantaran posisinya sangat dekat dengan laut dan berbahaya bagi pekerjanya nanti.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved