Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Beserta Artinya yang Harus Dipahami, Ini Khasiat Nyata

Membaca doa sebelum belajar dan sesudah tentunya sudah diketahui oleh umat Islam. Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim.

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
TribunBengkulu.com
Doa Sebelum Belajar dan Sesudah Beserta Artinya yang Harus Dipahami, Ini Khasiat Nyata 

TRIBUNBENGKULU.COM - Membaca doa sebelum belajar dan sesudah tentunya sudah diketahui oleh umat Islam. Belajar merupakan salah satu kewajiban bagi setiap muslim.

Dengan belajar, seseorang akan mengetahui sesuatu yang sebelumnya tidak dipahami. Belajar merupakan suatu proses yang dilakukan oleh setiap orang untuk mendapatkan perubahan yang baik. Doa sebelum dan sesudah belajar harus dihafali oleh umat Islam. 

Mulai dari perubahan pengetahuan, perilaku, keterampilan hingga nilai-nilai positif lainnya dalam berbagai aspek kehidupan. Mencari doa ilmu juga merupakan hal yang wajib dilakukan. Baik itu anak-anak, remaja atau bahkan orang tua.

Salah satunya adalah doa sebelum dan sesudah belajar. Memulai dan mengakhiri belajar dengan doa sangat dianjurkan, agar mudah menyerap ilmu dan agar ilmu selalu memberikan keberkahan. Sebelum berdoa tentunya Anda perlu memahami tata krama berdoa, agar yang di niatkan akan lebih sempurna dalam pengamalannya.

Berikut ini adalah doa setelah belajar yang dilansir dari berbagai. Masih banyak kaum muslimin dan muslimah yang lupa membaca doa setelah belajar. Tak sedikit juga yang hanya mengucapkan “Alhamdulillahirobbilalamin” sebagai doa sebelum dan sesudah belajar.

Namun, ada bacaan doa tersendiri setelah seseorang belajar. Seperti sebelumnya, ada tiga macam doa sebelum dan sesudah belajar. Muslim dapat memilih satu dan mendaftar setelah setiap studi.

Doa Sesudah dan Setelah Belajar Pertama

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tiba-tiba. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya :

(Ya Allah, tunjukkanlah kami yang benar agar kami dapat mengikutinya dan tunjukkan kepada kami keburukannya agar kami dapat menjauhinya).

b. Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Kedua

Rabbanan fa`naa bima `alamtanaldhi yanfa `una wa zidna `ilman walhamdulillahi `ala kulihal

Artinya :

(Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajari-Mu tentang apa yang bermanfaat bagi kami dan tambahkan ilmu kepada kami, segala puji hanya milik Allah semata dalam setiap kondisi)

c. Doa Sebelum dan Sesudah Belajar Ketiga

Allahumma innii istaudi`uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi ya robbal 'alamin.

(Ya Allah, sesungguhnya aku mempercayakan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah kepadaku ketika aku membutuhkannya. Jangan sampai aku melupakannya, ya Tuhan alam).

Itulah bacaan doa setelah belajar yang bisa anda lantunkan. Jangan lupa untuk membagikannya dengan teman dan keluarga anda Tribunners. 

  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved