Pasokan Sawit Masih Rendah, Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Naik Lagi Rp 30 tiap Kilogram

TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah semakin mengkhawatirkan dan semakin menurun sejak satu bulan terakhir. Meskipun harga TBS sawit naik.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
Pasokan TBS sawit di PT Palma Mas Sejati masih terbilang rendah, Jumat (23/9/2022).Berbanding terbalik dengan kondisi pasokan sawit, harga TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah hari ini naik Rp 30 tiap kilogramnya. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Pasokan Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah semakin mengkhawatirkan dan semakin menurun sejak satu bulan terakhir. Meskipun harga TBS sawit di Bengkulu Tengah hari ini, Jumat (23/9/2022) naik lagi.

Berbanding terbalik dengan kondisi pasokan sawit, harga TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah hari ini justru mengalami peningkatan harga sebesar Rp 30 tiap kilogramnya pada Jumat (23/9/2022).

Peningkatan harga TBS sawit terjadi di seluruh Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Peningkatan harga tersebut sudah terjadi sejak beberapa pekan terakhir meski secara bertahap.

"Dalam beberapa pekan terakhir, harga TBS sawit ini naik terus, meskipun secara bertahap, kadang naik Rp 15 kadang juga naik Rp 50 tiap kilogramnya," kata Denny salah satu supplier TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah.

Denny  menjelaskan, saat ini bahkan di salah satu PKS antrean truk pengangkut TBS sawit semakin sepi.

"Masih sepi seperti biasanya, bahkan sebelum jam 10 pagi saja antrean truk pengangkut TBS sudah tidak ada lagi," jelas Denny kepada TribunBengkulu.com, Jumat (23/9/2022).

Turunnya pasokan TBS sawit tersebut, ditengarai kurangnya perawatan dan pemupukan yang dilakukan oleh petani.

"Sekarang ini musim sedang jarang berbuah, ditambah lagi para petani kurang merawat dan tidak mampu beli pupuk, makanya sawit sekarang sangat sepi," ujar Denny.

Diketahui saat ini harga TBS sawit tertinggi berada di PT Agra Sawitindo yang naik Rp 30 dari harga Rp 1.800 menjadi harga Rp 1.830 per kilogram.

"Untuk di PT Palma Mas Sejati naik Rp 30 tiap kilogramnya, dari harga Rp 1.780 menjadi Rp 1.810 per kilogram," kata Denny.

Sedangkan untuk di PT Citra Sawit Lestaru harga TBS sawit juga mengalami peningkatan harga sebesar Rp 30, dari harga Rp 1.790 menjadi Rp 1.820 per kilogram.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Bengkulu Hari Ini 23 September 2022: Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Petir

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved