Pasokan Sawit Menurun, Pabrik di Bengkulu Selatan dan Kaur Berlomba Naikan Harga TBS Sawit

Kurangnya perawatan perkebunan sawit akibat harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit anjlok berdampak terhadap pasokan sawit.

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Tumpukan TBS di ram sawit Bengkulu Selatan. Kurangnya perawatan perkebunan sawit akibat harga TBS sawit anjlok berdampak terhadap pasokan sawit. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Kurangnya perawatan perkebunan sawit akibat harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit anjlok berdampak terhadap pasokan sawit.

Tercatat, hingga kini pasokan sawit di setiap Pabrik Kelapa Sawit (PKS) di Bengkulu Selatan dan Kaur menurun. Tidak melimpah seperti harga TBS sawit masih diangka Rp 3.200 per kilogram.

Untuk mendapatkan pasokan, PKS harus terus berlomba membeli sawit dengan harga TBS sawit lebih tinggi dibandingkan pabrik lainnya.

Hari ini, Senin (26/9/2022) dua PKS di Bengkulu Selatan dan Kaur yaitu PT BSL dan PT CBS kembali menaikan harga mulai di angka Rp 20 sampai Rp 40 per kilogram.

"Naik lagi hari ini, kenaikan tidak terlalu besar hanya di angka Rp 40 per kilogram. Jadi harga umum hari ini di angka Rp 1.680 dan harga mitra di angka Rp 1.890 per kilogram," kata Humas PT BSL Idius Safari kepada TribunBengkulu.com, Senin (26/9/2022).

Kenaikan harga TBS sawit juga terjadi di PT CBS yang berada di Kabupaten Kaur. Untuk meningkatkan pasokan sawit di PT CBS yang saat ini pasokannya sangat berkurang dari sebelumnya.

"Harga hari ini naik Rp 20 perkilogram. Untuk wilayah Bintuhan diangka Rp 1.710 per kilogram, wilayah Padang Guci Rp 1.800 per kilogram dan wilayah Manna Rp 1.880 tiap kilogram," ujar Yuliman.

Sedangkan 2 PKS lagi, yaitu PT APLS pembelian TBS sawit hari ini tetap di angka Rp 1.720 per kilogram. Karena, harga belum adanya kenaikan dan penurunan yang dilakukan oleh PKS.

Lalu PT SBS juga hari ini masih tetap di angka Rp 1.620 per kilogram.

Sementara itu harga TBS sawit di tingkat petani bervariasi mulai dari Rp 1.470 per kilogram sampai dengan 1.550 per kilogram dibeli supplier atau tauke.

Baca juga: Kalah Bersaing Harga TBS Sawit, Pabrik Kelapa Sawit Ini Tak Dapat Pasokan Sawit

Baca juga: Petani dan Mahasiswa di Bengkulu Kompak Suarakan Tolak Kenaikan Harga BBM, Polisi Diminta Diam

 
 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved