Doa Menghilangkan Pikiran Kotor untuk Laki-Laki dan Perempuan Menurut Pandangan Islam

Tribunners, anda bisa membacakan doa berikut ini, untuk menghilangkan pikiran kotor untuk membantu menjernihkan kembali jiwa dan raga Anda menurut pan

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
TribunBengkulu.com
Doa Menghilangkan Pikiran Kotor untuk Laki-Laki dan Perempuan Menurut Pandangan Islam 

TRIBUNBENGKULU.COM - Tribunners, anda bisa membacakan doa berikut ini, untuk menghilangkan pikiran kotor untuk membantu menjernihkan kembali jiwa dan raga Anda menurut pandangan Islam bagi laki-laki maupun perempuan.

Sebagai umat muslim, tentu ada pemikiran tertentu yang berlalu dan tidak bisa dihindari. Padahal, dalam Islam kita dituntut untuk menjaga pikiran dan hati agar tak kotor.

Ada beberapa cara untuk membantu menjaga pikiran Anda dari hal-hal kotor. Salah satunya adalah dengan memanjatkan doa kepada Allah SWT.

Diharapkan, hati dan pikiran kita akan lebih terjaga dari bisikan-bisikan yang menyesatkan dan menambah dosa.

Doa Menghilangkan Pikiran Kotor dan Melindungi dari Nafsu

Doa pertama untuk menghilangkan pikiran kotor bertujuan untuk membantu umat Islam agar selalu dilindungi dari akhlak dan nafsu yang buruk.

Jika Anda sebagai umat-Nya terhindar dari hal-hal tersebut, Anda dapat menjalankan amalan dan ibadah sesuai perintah Allah SWT dengan lebih maksimal.

Apalagi keberadaan nafsu harus dikendalikan, jangan sampai merusak otak dan mengurangi fungsi Anda sebagai manusia biasa menjadi kotor.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ziyad bin `Illaqah dari pamannya, Qutbah bin Malik, ia mengatakan bahwa Nabi Muhammad berdoa yang berbunyi sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

Allohumma Inni A’udzu Bika Min Munkarootil Akhlaaqi Wal A’maali Wal Ahwaa.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek.”

Doa untuk Menghilangkan Pikiran Kotor Menurut Pandangan Islam

Doa untuk menghilangkan pikiran kotor yang kedua ini, dengan memanjatkan doa yang memohon ketakwaan dan kesucian jiwa sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.

Dengan memiliki ketakwaan dan jiwa yang suci, tentunya dapat terhindar dan dijauhkan dari hal-hal yang negatif, termasuk dari pikiran yang kotor.

Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang terdapat dalam hadis dan diriwayatkan oleh Imam Muslim berikut:

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved