Harga TBS Sawit di Bengkulu Selatan Naik Rp 30 tiap Kilogramnya, Satu Pabrik Tutup

Update harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini, Minggu (2/10/2022).

Ahmad Sendy/TribunBengkulu.com
Harga TBS sawit hari ini di Bengkulu Selatan naik Rp 30 tiap kilogram untuk pembelian di PT BSL. Sementara hari ini PT SBS menutup pembelian dan tidak terlihat satupun aktivitas truk mengantar buah, Minggu (2/10/2022).  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Update harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur hari ini, Minggu (2/10/2022).

Hari ini Minggu 2 Oktober 2022 harga TBS sawit di salah satu pabrik Bengkulu Selatan naik Rp 30 tiap kilogramnya. Sedangkan harga di tiga pabrik lainnya masih stagnan. Bahkan satu pabrik hari ini tutup.

Meskipun ada kenaikan, namun harga TBS sawit di Bengkulu Selatan dan Kaur belum menyentuh angka Rp 2.000 per kilogram. Tertinggi harga beli sawit di pabrik saat ini Rp 1.780 per kilogram.

Humas PT BSL di Kabupaten Bengkulu Selatan Idius Safari mengatakan, hari ini PT BSL kembali menaikan harga Rp 30 per kilogram.

Meski harga sudah dinaikan, tetapi antrean atau pasokan dari petani tidak mempengaruhi pasokan buah sawit yang masuk ke pabrik.

"Naik hari ini Rp 30 per kilogram. Jadi, harga umum hari ini diangka Rp 1.560 per kilogram," kata Idius kepada TribunBengkulu.com, Minggu (2/10/2022).

Terpisah, Asisten Pembelian Buah PT CBS, Yuliman mengungkapkan hari ini harga beli sawit di PT CBS tetap atau tidak mengalami perubahan. Meskipun demikian hari ini pabrik masih tetap melayani pembelian TBS sawit.

"Harga masih tetap untuk wilayah Bintuhan Rp 1.610 per kilogram, Padang Guci Rp 1.700 per kilogram dan Manna Rp 1.780 per kilogram," ujar Yuliman kepada TribunBengkulu.com, Minggu (2/10/2022).

Begitupun dengan harga beli sawit di PT APLS yang berada di Desa Beriang Tinggi hari ini masih sama dengan harga kemarin, yaitu diangka Rp 1.660 per kilogram. 

Lantaran tidak ada kenaikan signifikan, harga TBS sawit di tingkat petani juga tidak mengalami perubahan. Saat ini harga TBS bervariasi mulai dari Rp 1.400 per kilogram sampai dengan 1.470 per kilogram dibeli supplier atau tauke.

Seementara itu, disampaikan pemilik Delivery Order (DO) Ezon untuk PT SBS di Desa Nanjungan, hari ini tidak melayani pembelian buah sawit lantaran tutup. 

"Kalau alasan tutup kita tidak tau karena kita hanya menerima pemberitahuan tutup saja. Penutupan hanya satu hari, dan besok kembali buka seperti biasa," jelas Ezon.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved