Akibat Cuaca Buruk, Nelayan di Kota Bengkulu Memilih Tidak Melaut

Cuaca ekstrem yang melanda perairan Bengkulu beberapa hari terakhir membuat para nelayan di Kota Bengkulu memilih menghentikan aktivitas mereka sement

Editor: M Arif Hidayat
Ratna Sari/Magang
Para nelayan tradisional Kota Bengkulu memilih tidak melaut sementara akibat cuaca buruk beberapa hari ke depan. Tampak nelayan saat memilih dan memilah ikan, Rabu (05/10/2022). 

TRIBUNBENGKULU.COM - Cuaca ekstrem yang melanda perairan Bengkulu beberapa hari terakhir membuat para nelayan di Kota Bengkulu memilih menghentikan aktivitas mereka sementara waktu.

Apalagi BMKG Kota Bengkulu telah mengeluarkan peringatan dan imbauan waspada cuaca ekstrim untuk sepekan ke depan dari tanggal 02 - 08 Oktober 2022.

Hal ini disampaikan Yengki (35) salah satu nelayan tradisional warga Kelurahan Malabero saat di wawancarai TribunBengkulu.com, pada Rabu, (05/10/2022). Sementara waktu mereka tidak pergi melaut.


"Cuaca buruk ini membuat kita sulit mendapatkan ikan. Kita juga kalau cuaca buruk berhenti sementara untuk pergi melautnya. Kalau cuaca sudah membaik baru kita pergi. Tapi pernah juga karena cuaca yang buruk ini membuat kami berhenti lumayan lama, satu Minggu tidak pergi melaut untuk mencari ikan," ungkap Yengki.


Akibatnya, penghasilan yang didapatkan juga tidak ada, sehingga hal tersebut menjadi keluhan bagi para nelayan.


"Tentunya penghasilan berkurang, akibat ikan yang didapatkan juga sedikit. Biasanya kami pergi pagi, sore, atau malam kalau cuaca gak buruk, tapi sekarang ya paling cuman satu kali pergi melaut untuk mencari ikan," keluh Yengki.


Biasanya para nelayan mendapatkan 10-15 kilogram (kg) ikan, dengan beragam jenis dalam satu kali melaut. Sedangkan ketika cuaca buruk para nelayan hanya mendapatkan 4-5 kg ikan. 


Bukan hanya Yengki, hal serupa juga diungkapkan Zaili Yusman (55) selaku nelayan tradisional yang ada di Kota Bengkulu.


"Cuaca buruk ini gak ada nelayan yang berani untuk pergi melaut," keluh Zaili.


Bahkan akibat cuaca buruk hingga hari ini, Zaili mengungkapkan belum ada satupun nelayan yang pergi melaut untuk mencari ikan. Diperkirakan apabila cuaca kedepannya tetap buruk maka otomatis para nelayan tidak pergi mencari ikan.


"Hari ini belum ada satupun yang pergi melaut. Kalau cuacanya tetap buruk gini pastinya kedepannya kita berhenti juga untuk mencari ikan untuk sementara waktu sampai cuacanya baik," tambahnya. (Ratna/Mg)

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved