Kekurangan Pasokan Sawit, PKS di Bengkulu Tengah Naikan Harga TBS Sawit Rp 50 tiap Kilogram

Dampak dari turunnya pasokan TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah membuat sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) kekurangan pasokan sawit.

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Yunike Karolina
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Pasokan TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah terpantau sepi seperti di PT Palma Mas Sejati, Rabu (5/10/2022). Harga TBS sawit hari ini naik lagi Rp 50 tiap kilogram. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Dampak dari turunnya pasokan Tandan Buah Segar (TBS) sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah membuat sejumlah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) kekurangan pasokan sawit.

Sehingga, untuk mendapatkan TBS sawit lebih banyak dari PKS lain, segala cara terus dilakukan.

Salah satunya dengan cara menaikkan harga TBS sawit, karena PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah memiliki jarak yang tak terlalu jauh agar para pemilik TBS sawit lebih mudah memilih.

Saat ini, harga TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah kembali mengalami peningkatan sebesar Rp 50 per kilogram, tertinggi menyentuh harga Rp 1.850 per kilogram, Rabu (5/10/2022).

Peningkatan harga tersebut terjadi di satu PKS yang ada di Kabupaten Bengkulu Tengah yakni PT Citra Sawit Lestari.

Takril, salah satu suplier TBS sawit di Bengkulu Tengah menjelaskan, harga TBS sawit di Kabupaten Bengkulu Tengah berkisar antara Rp 1.830 hingga Rp 1.850 perkilogram.

"PT Citra Sawit Lestari hari ini naik Rp 50 dari harga Rp 1.800 menjadi Rp 1.850 perkilogram, naiknya juga baru pagi ini," kata Takril kepada TribunBengkulu.com, Rabu (5/10/2022).

Kenaikan harga yang mendadak tersebut diperkirakan karena PT Citra Sawit Lestari kekurangan pasokan sawit untuk pengolahan.

"Karena pabrik ini tidak akan bisa mulai pengolahan TBS sawit kalau pasokannya sedikit, sehingga dari pada merugi di bahan bakar maka mereka menaikkan harga agar banyak yang menjual ke mereka," ujar Takril.

Diketahui, untuk di PT Agra Sawitindo harga TBS sawit masih bertahan dengan harga Rp 1.830 per kilogram.

"Kalau untuk di PT Citra Sawit Lestari harga TBS naik Rp 50 dari harga Rp 1.800 menjadi Rp 1.850 perkilogram," ungkap Takril.

Sedangkan untuk di PT Palma Mas Sejati harga TBS sawit bertahan dengan harga Rp 1.830 perkilogram.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Bengkulu Hari Ini 5 Oktober 2022: Waspada Hujan Lebat di 7 Kabupaten/Kota

Baca juga: Pedagang Pantai Panjang Masih Dihantui Pohon Tumbang, Ketua Pedagang: Bingung Lapor ke Mana 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved