Doa Terbebas dari Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW, Mudah Dihafal dan Segera Amalkan

Bacaan doa lunas hutang dalam sekejap dan artinya dalam Islam patut untuk diketahui, terutama bagi anda yang ingin terbebas dari jeratan hutang.

Penulis: Achmad Fadian | Editor: M Arif Hidayat
TribunBengkulu.com
Doa Mengatasi Banyak Hutang, Amalkan Ini dan Mudah Dihafal Hutang Jadi Lunas 

TRIBUNBENGKULU.COM - Bacaan doa lunas hutang dalam sekejap dan artinya dalam Islam patut untuk diketahui, terutama bagi anda yang ingin terbebas dari jeratan hutang.

Hutang adalah kewajiban yang harus dilunasi. Alasan orang berutang bermacam-macam, dan utang umumnya diambil sebagai jalur alternatif untuk kebutuhan yang sangat mendesak.

Hutang adalah suatu hal yang harus diselesaikan secara tuntas, kecuali jika debitur telah dibebaskan dari peminjam. Menurut Siti `Aisyah, Rasulullah SAW selalu berlindung kepada Allah agar terbebas dari jeratan hutang, sebagaimana diriwayatkan al-Humaidi dalam Musnadnya, hadits nomor 246.

Sebagai cara melunasi utang, berbagai upaya harus dilakukan. Selain bekerja keras agar utang materi bisa segera dilunasi, Anda juga bisa menemaninya dengan berdoa kepada Allah SWT. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bacaan doa lunas hutang secara instan dalam islam yang bisa di baca.

Pentingnya Melunasi Utang Segera

Utang merupakan perbuatan yang tidak dilarang dalam Islam. Rasulullah SAW pernah berutang kepada seorang Yahudi ketika dia dan ada keperluan. Yang harus diperhatikan adalah hutang harus segera dilunasi dan hutang hanya jika diperlukan atau terpaksa karena keadaan yang sangat mendesak. Doa agar utang lunas dalam sekejap juga bisa dibaca, agar ikhtiar lunas utang dikabulkan oleh Allah SWT.

Jangan pernah menunda-nunda atau lalai membayar hutang. Sebab, utang di dunia ini yang tidak selesai sampai debiturnya meninggal, akan terus berlanjut sampai akhirat. Dari Ibnu Umar, Rasulullah SAW bersabda;

“Barangsiapa meninggal dunia dengan utang satu dinar atau satu dirham, maka utang itu akan dilunasi dengan kebaikannya (pada hari kiamat) karena di sana (akhirat) tidak ada lagi dinar dan dirham.” (HR.Ibnu Majah).

Untuk itu, ada baiknya Anda mengerahkan segala daya dan upaya untuk segera melunasi utang-utang tersebut, serta mengiringinya dengan berdoa agar dimudahkan dan dimudahkan prosesnya oleh Allah SWT.

Doa agar hutang lunas dalam sekejap sesuai ajaran Nabi Muhammad SAW

Dilansir dari laman NU Online, Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa agar lunas dalam sekejap kepada sahabat Ansar, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dawud, hadits nomor 1555 yang berbunyi;

Disebutkan oleh Abu Sa`id al-Khudri, pada suatu hari, Nabi Muhammad SAW memasuki masjid. Ternyata sudah ada seorang Ansar bernama Abu Umamah.

Ia lalu menyapanya, “Wahai Abu Umamah, mengapa aku melihatmu duduk di masjid di luar waktu shalat?” Abu Umamah menjawab, “Kebingungan dan hutangku membuatku (seperti ini), ya Rasulullah.” Dia bertanya lagi, "Apakah Anda ingin jika saya mengajari Anda sebuah bacaan yang jika Anda membacanya, Allah akan menghilangkan kebingungan Anda dan memberi Anda kemampuan untuk melunasi hutang?" Umamah menjawab, "Tentu saja, ya Rasul." Ia melanjutkan, “Bila memasuki pagi dan petang, maka bacalah:”

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ، وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allâhumma innî a‘ûdzu bika minal hammi wal hazan. Wa a‘ûdzu bika minal ‘ajzi wal kasal. Wa a‘ûdzu bika minal jubni wal bukhl. Wa a‘ûdzu bika min ghalabatid daini wa qahrir rijâl.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari ketakutan dan kekikiran, aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan tekanan orang-orang.”

Selanjutnya Abu Umamah menuturkan, “Setelah aku mengamalkan doa itu, Allah benar-benar menghilangkan kebingunganku dan memberi kemampuan melunasi utang.”

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved