Modus Pelaku Pencurian Mobil Warga Seluma yang Diringkus di Bengkulu Selatan Ngaku Sebagai Kerabat

Pelaku dalam setiap melancarkan aksinya mengelabui korban dengan berpura-pura sebagai kerabat ataupun ada keperluan dengan pemilik rumah.

Ahmad Sendy Kurniawan Putra/Tribunbengkulu.com
SR (23) pelaku pencurian mobil di Seluma saat diamankan anggota Polsek Polsek Kota Manna dan Tim Totaici Polres Bengkulu Selatan, pada Minggu (9/10/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Modus pelaku SR (23) warga Kota Bengkulu, yang diamankan anggota Polres Kota Manna, lantaran telah melakukan tindak pidana pencurian kendaraan roda empat di Kabupaten Seluma ngaku sebagai kerabat pemilik rumah.

Pelaku dalam setiap melancarkan aksinya mengelabui korban dengan berpura-pura sebagai kerabat ataupun ada keperluan dengan pemilik rumah.

Hal itu diungkapkan, Kanit Pidum Satreskrim Polres Bengkulu Selatan, Ipda Dodi Heriansyah berdasarkan keterangan dari pelaku.

Baca juga: Fakta Baru Oknum Guru di Kaur Diduga Lecehkan Siswi, Ternyata Korban Lebih Dari Satu Orang

"Pelaku dalam melancarkan aksinya dengan cara bertanya ataupun melihat rumah yang sudah menjadi targetnya itu dalam keadaan sepi," ujar Ipad Dodi.

Menurutnya, jika sudah merasa aman pelaku langsung melancarkan aksinya dengan cara pemilik rumah disuruh memanggil orang tua atau keperluan lainnya.

Dengan keadaan rumah sepi pelaku langsung melancarkan aksinya dengan cara mengambil semua barang-barang berharga yang ada di rumah tersebut.

"Intinya, pelaku melihat kondisi rumah tersebut hanya anak kecil, tidak ada orang tua. Kemudian pelaku bermaksud ada keperluan dengan orang tua tersebut. Lalu anak-anak disuruh memanggil, dengan perginya anak tersebut pelaku langsung melancarkan aksinya," ungkap Dodi.

Baca juga: Dua Mahasiswanya Jadi Terduga Pelaku Pembunuhan Dendi, Ini Kata Pihak UINFAS Bengkulu

Berdasarkan pengakuan pelaku, dirinya sudah beraksi di puluhan TKP. Diantarnya di Bengkulu Selatan ada lebih 5 TKP, 2 TKP pencurian kendaraan roda dua, 1 TKP pencurian burung, 1 TKP pencurian hp dan satu TKP pencurian uang.

Sedangkan di Kota Bengkulu yang diingatnya ada 21 TKP dan belum lagi di kabupaten-kabupaten tetangga.

Tak hanya itu, bahkan pelaku akan mengontrak terlebih dahulu di daerah yang menjadi incarannya

Alibi pelaku, sedang mencari perkejaan untuk membohongi pemilik kost tersebut.

Beraksi di Puluhan TKP

Warga Kota Bengkulu yang menjadi pelaku pencurian mobil warga Seluma berhasil diringkus aparat kepolisian di Bengkulu Selatan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved