Cabang Cabang Filsafat, Mulai dari Epistemologi, Metodologi, Etika dan Estetika yang Harus Dipahami

Filsafat adalah cabang ilmu yang mengkaji secara mendalam tentang persoalan mendasar dalam kehidupan manusia. Filsafat juga sering disebut filosofi.

Penulis: M Arif Hidayat | Editor: M Arif Hidayat
freepik.com
Ilustrasi filsafat, pengertian filsafat dan cabang-cabang filsafat yang merupakan ilmu yang melahirkan pemikiran-pemikiran tentang kehidupan 

TRIBUNBENGKULU.COM, PENDIDIKAN -  Filsafat adalah cabang ilmu yang mengkaji secara mendalam tentang persoalan mendasar dalam kehidupan manusia. Filsafat juga sering disebut filosofi.

Banyak beranggapan bahwa pembahasan dalam ilmu Filsafat adalah persoalan yang tinggi, terlampau sulit, terlalu abstrak dan tidak berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. 

Sehingga wajar banyak yang menggambarkan seorang filosof dengan sosok yang mempunyai IQ serta intuisi tinggi diatas rata-rata manusia pada umumnya.

Kita juga sering membaca dan mendengar tentang ucapan-ucapan seorang filosof yang terkadang makna dari ucapan tersebut tidak kita mengerti.

Pengertian Filsafat

Filsafat adalah cara berpikir tentang subjek tertentu seperti etika, pemikiran, keberadaan, waktu, makna dan nilai. Cara berpikir filsafat melibatkan 4 Rs: responsiveness (daya tanggap), reflection (refleksi), reason (alasan), dan re-evaluation (re-evaluasi).

 

Cabang-Cabang Filsafat

 

1. Metafisika

Metafisika adalah salah satu cabang filsafat sistematis yang bahasannya terkait keberadaan. hal itu berkaitan dengan proses analitis atas hakikat fundamental mengenai keberadaan dan realitas yang menyertainya.

Filsafat mempunyai cabang-cabang yang berkembang sesuai masalah filsafat yang mana filsafat muncul karena ada persoalan-peersoalan yang di temui oleh manusia.

Sesudah ada beberapa persoalan itu karena itu nampaklah cabang-cabang filsafat. Di mana cabang-cabang filsafat yang tradisionil itu terdiri dari empat yakni logika, metafisika, epistemologi,dan etika. Akan tetapi perlahan-lahan berkembang searah dengan masalah yang di temui oleh manusia. Untuk memudahkan pengetahuan kita perlu disampaikan ke cabang-cabang filsafat yang dasar,yakni:

Metafisika dipakai untuk memperlihatkan beberapa karya tertentu Aristoteles. Di mana di dalam metafisika ada masalah -persoalan yang bisa di rinci jadi 3 jenis yakni:

1. Ontologi

2. Kosmologi

3. Antropologi

Halaman
1234
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved