Daerah Pemilihan Pemilu 2024 di Kabupaten Bengkulu Tengah Berpotensi Berubah, Ini Alasannya

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah sedang melakukan pembahasan penyusunan daerah pemilihan (Dapil) dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: M Arif Hidayat
Suryadi Jaya/Tribunbengkulu.com
KPU Bengkulu Tengah menggelar sosialisasi terkait peraturan KPU pelaksanaan tahapan pemilu 2024, Sabtu (26/11/2022). 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Tengah sedang melakukan pembahasan penyusunan daerah pemilihan (Dapil) dalam pelaksanaan Pemilu 2024 di Bengkulu Tengah

Dari hasil sementara, KPU Bengkulu Tengah merencanakan adanya perubahan jumlah kursi DPRD disetiap Dapil. 

Ketua KPU Bengkulu Tengah, Brotoseno menjelaskan, rencana perubahan jumlah kursi disetiap Dapil tersebut bisa saja terjadi lantaran adanya peningkatan jumlah penduduk dan pemekaran kecamatan di Bengkulu Tengah

"Kalau untuk jumlah kursi, masih sama dengan Pileg 2019 lalu yakni 25 kursi, hanya saja perubahan ini ada yang bertambah dan ada yang berkurang," ujar Broto saat ditemui usai menggelar sosialisasi tahapan pemilu, Sabtu (26/11/2022). 

Diketahui, di Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat empat Dapil. Untuk Dapil 1 rencananya akan terjadi penambahan kursi, sebab ada beberapa desa yang dulunya masuk ke Dapil empat saat ini sudah masuk ke Dapil satu. 

Hal tersebut dimungkinkan karena adanya Kecamatan baru di Kabupaten Bengkulu Tengah yakni Kecamatan Semidang Lagan yang masuk dalam Dapil 1.

Pada Dapil 2, juga terjadi pertambahan kursi, sebab pertumbuhan penduduk di Kecamatan Pondok Kelapa cukup tinggi, yang semula hanya 21 ribu saat ini sudah menyentuh angka 30 ribu penduduk. 

Sedangkan di Dapil 3 dan 4 terjadi pengurangan satu kursi disetiap Dapil. 

"Tapi ini baru perencanaan saja, agar masyarakat bisa tahu," kata Broto. 

Setelah itu, rancangan tersebut akan diuji publik di masyarakat untuk kemudian diusulkan ke KPU RI. Jika diterima, dapil di tingkat Kabupaten bakal berubah.

"Kita akan rapat koordinasi juga untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak terkait perubahan Dapil ini," ungkap Broto.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved