Bengkulu Tengah Akan Miliki Pengadilan Negeri di 2023, Kini Masih Tunggu Keputusan Presiden

Kabupaten Bengkulu Tengah diketahui saat ini belum memiliki Pengadilan Negeri (PN) sendiri dan masih menginduk kepada PN Arga Makmur. 

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Hendrik Budiman
Suryadi Jaya
Kasi Pidum Kejari Bengkulu Tengah, Febriyanto, Rabu (30/11/2022) menjelaskan usulan terkait pendirian PN Bengkulu Tengah telah diusulkan dan usulan tersebut sudah berada di meja Presiden.  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Kabupaten Bengkulu Tengah diketahui saat ini belum memiliki Pengadilan Negeri (PN) sendiri dan masih menginduk kepada PN Arga Makmur, Bengkulu Utara. 

Namun, usulan terkait pendirian PN Bengkulu Tengah telah diusulkan dan usulan tersebut sudah berada di meja Presiden. 

Hal tersebut disampaikan Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Bengkulu Tengah, Febriyanto usai ditemui saat mengikuti pengadilan yang diadakan PN Arga Makmur di Kantor Bupati Bengkulu Tengah

"Saat ini ada beberapa kali sidang yang seharusnya dilakukan di PN Arga Makmur namun dilakukan di Kantor Bupati Bengkulu Tengah, karena kita memperhitungkan jarak dan keamanan para tahanan," ungkap Febri, Rabu (30/11/2022). 

Baca juga: Harga TBS Sawit di Bengkulu Tengah Naik Rp 30, Tertinggi Hari Ini Rp 2.330 per Kilogram

Persidangan yang dilakukan di Kantor Bupati Bengkulu Tengah ini juga merupakan perwujudan bahwa Kabupaten Bengkulu Tengah telah siap untuk dibangun PN sendiri. 

"Pengusulan telah dilakukan oleh Pengadilan Tinggi, sedangkan kita tugasnya hanya sekedar menunjukkan bahwa kita sudah siap baik dari pengadilan, kejaksaan dan kepolisian sudah siap untuk menggelar peradilan," ungkapnya. 

Saat ini pihak Kejari Bengkulu Tengah masih menunggu persetujuan dari Presiden terkait persetujuan pendirian PN Bengkulu Tengah

"Kalau ini cepat disetujui oleh Presiden, maka pembangunan bisa langsung dimulai pada tahun depan (2023)," ujar Febri.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved