Tol Bengkulu Lubuklinggau

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah: Tol Bengkulu-Lubuklinggau Tetap, Tahapan yang Bergeser

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memastikan trase tol Bengkulu-Lubuklinggau tetap dikerjakan sesuai dengan rencana awal.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan trase tol Bengkulu-Lubuklinggau tetap dikerjakan, namun memang tidak dipungkiri terjadi pergeseran tahapan waktu pengerjaan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan trase tol Bengkulu-Lubuklinggau tetap dikerjakan sesuai dengan rencana awal.

Hal ini menanggapi adanya kabar tol Bengkulu-Lubuklinggau batal dibangun karena tidak masuk prioritas lagi. Trase itu akan diubah yang tadinya dari Tanjung Enim menuju Lubuklinggau sekarang langsung dari Tanjung Enim ke Bengkulu.

"Sampai sekarang ya, belum ada perubahan apa-apa, terkait dengan tol. Karena penetapan trase itu kementerian yang menetapkan, dan ada kepresnya," ungkap Gubernur Bengkulu Rohidin kepada TribunBengkulu.com, Rabu (30/11/2022).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan, tidak ada perubahan rute maupun trase. Namun tidak dipungkiri, tahapan maupun proses pengerjaan tol Bengkulu-Lubuklinggau mengalami pergeseran waktu.

Hal ini dikarenakan dampak dari pandemi Covid-19, yang mengharuskan pemerintah melakukan refocusing anggaran untuk penanganan sampai pandemi berakhir.

"Sampai hari ini rute penetapan maupun trasenya masih seperti ini. Seperti yang disepakati sejak tahun 2019, cuman tahapan bisa jadi ada pergeseran," jelas Rohidin.

"Bukan hanya kegiatan tol saja sebenarnya, hampir semua kegiatan pembangunan itu ada pergeseran karena Covid-19. Sehingga 2020-2021 semua agak terhenti penganggaran nasional, untuk daerah," paparnya.

Untuk diketahui, tol Trans Sumatera ruas Bengkulu-Lubuklinggau sepanjang 95 km terbagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama Taba Penanjung – Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer (sudah dibangun).

Seksi kedua yaitu Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer dan seksi ketiga Lubuklinggau – Kepahiang dengan panjang 54,5 kilometer.

Sehingga, tol Bengkulu tergabung dalam Trans Sumatera yang terdiri dari delapan ruas diantaranya yaitu Ruas Sigli - Banda Aceh (74 Km), Ruas Kisaran - Indrapura (48 Km), Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (143 Km). Kemudian Ruas Sp. Indralaya – Muara Enim (119 Km), Ruas Padang - Sicincin (36 Km), Ruas Pekanbaru – Pangkalan (65 km), Ruas Lubuk Linggau - Curup Bengkulu seksi Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 Km) dan Ruas Binjai – Langsa seksi Binjai – Pangkalan Brandan (58 Km).

"Tadi saya baru saja ketemu HK, juga belum ada kajian perencanaan sama sekali, iya masih Bengkulu- Lubuklinggau," tegasnya lagi.

 

Baca juga: BREAKING NEWS: Jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau Batal Dibangun? Berikut Perubahan Prioritasnya

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved