Tol Bengkulu Lubuklinggau

BREAKING NEWS: Tol Bengkulu - Taba Penanjung Segera Beroperasi, Selama Sosialisasi Masih Gratis

Tol pertama di Bengkulu, jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung dalam waktu dekat ini akan segera dioperasikan.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Suryadi/TribunBengkulu.com
Tol pertama di Bengkulu, jalan tol Bengkulu - Taba Penanjung sempat dibuka pada momen mudik Lebaran 2022. Dalam waktu dekat, tol ini kembali akan segera dioperasikan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Tol pertama di Bengkulu, jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung dalam waktu dekat ini akan segera dioperasikan.

Jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer merupakan sesi pertama yang selesai dibangun, dari 3 sesi yang direncanakan untuk proyek tol Bengkulu-Lubuklinggau.

Untuk diketahui, tol Bengkulu-Lubuklinggau sepanjang 95 km ini masuk dalam tol Trans Sumatera

Branch Manager Ruas Tol Bengkulu, Medya Gustian menerangkan, sesuai arahan dari PT Hutama Karya (HK) jalan tol pertama di Bengkulu akan segera dioperasikan.

Hanya saja untuk kepastian waktu masih belum ditentukan. "Sementara ini, untuk waktu pasti (jadwal dibuka tol Bengkulu untuk umum, red) belum ditentukan. Tapi akan segera dibuka," kata Medya, Kamis (1/12/2022).

Di awal beroperasi, PT HK belum akan memberlakukan tarif alias masih gratis. PT HK juga akan menerjunkan 101 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis dan patroli.

Sementara itu, dalam pers rilisnyanya Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan, Hutama Karya telah mengantongi Keputusan Menteri (Kepmen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022 Tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung.

Kemudian, 101 personil yang disiagakan, itu juga sudah dibekali dengan pelatihan  terkait pelayanan prima, penanganan gawat darurat, dan lainnya .

"Sehingga petugas telah siap melayani pengguna jalan tol di Bengkulu -Taba Penanjung," tambah Koentjoro.

PT HK sesuai arahan regulator,  sudah siap mengoperasikan jalan tol ini sejak menerima Kepmen tersebut.

Nantinya akan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di daerah Betungan.

Untuk diketahui, tanggal 13 – 14 April 2022 sudah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF)dengan dioperasikan secara fungsional pada saat momen mudik Lebaran 2022, dengan telah dilalui lebih dari 45 ribu kendaraan dengan zero kecelakaan.

Dari arahan pemerintah, pengoperasian ruas jalan tol ini masih belum dikenakan tarif selama masa sosialisasi berlangsung.

"Meski belum bertarif, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik
saat melintas di GT Bengkulu," sampainya.

Selain itu, ia mengimbau pengguna jalan yang ingin melintas untuk dapat menggunakan jalan tol, secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas.

Di antaranya yakni dengan berkendara dengan kecepatan maksimal 80 km / jam , menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter.

"Pastikan kendaraan tidak melebihi muatan," ingat Koentjoro.

Baca juga: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Klaim Tol Bengkulu-Lubuklinggau Tetap Jalan

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved