Gempa Bengkulu

Diguncang Gempa Bumi dengan Magnitudo 5,3, Warga Pulau Enggano Bengkulu Malah Tak Terasa

Sore ini, Kamis (1/12/2022) terjadi gempa bumi, dengan kekuatan magnitudo 5,3 yang berpusat di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: M Arif Hidayat
Ho TribunBengkulu.com
Provinsi Bengkulu kembali diguncang gempa bumi berkuatan atau dengan Magnitudo Pulau 5,3 yang berpusat di Pulau Enggano. Dari laporan yang diterima dari BPBD Bengkulu Utara tidak terjadi kerusakan bangunan dan kondisi di daerah itu aman. Malah sebagian besar masyarakat tidak begitu merasakan adanya gempa 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU -  Sore ini, Kamis (1/12/2022) terjadi gempa bumi, dengan kekuatan magnitudo 5,3 yang berpusat di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kabupaten Bengkulu Utara, Eka Hendri menyampaikan kondisi terkini di pulau terluar di Provinsi Bengkulu ini, dalam kondisi aman. Hal ini, ia dapatkan dari informasi, tim BPBD yang bertugas di Pulau Enggano tersebut. 

Malah warga di Pulau Enggano seolah tidak merasakan adanya guncangan gempa bumi tersebut.

"Pasca gempa magnetudo 5,3 di 175 km Barat laut Enggano. Menurut informasi dari relawan BPBD yang berada di Enggano, masyarakat enggano tidak merasakan adanya guncangan akibat gempa tersebut," ungkap Eka.

Kendati demikian, pihaknya tetap mengimbau agar masyarakat di Bengkulu Utara khusus di Pulau Enggano mewaspadai akan adanya gempa susulan.

"Saat ini masyarakat masih melakukan aktifitas seperti biasa. Serta situasi di Enggano aman, " jelasnya.

BMKG menginformasikan bahwasanya gempa bumi yang berpusat di Pulau Enggano itu, tidak menimbulkan dampak yang membahayakan masyarakat Bengkulu.

Kamis 01 Desember 2022 pukul 15.29.45 WIB wilayah Samudera Hindia , Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,87° LS ; 100,79° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 119 Km arah Selatan Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat pada kedalaman 14 km.

"Iya di Enggano, hanya saja narasinya dibuat mentawai. Berdasarkan jarak terdekat dari lokasi gempa," ungkap staf operasional StaGeof Kepahiang.

Berdasarkan estimasi peta guncangan gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Pagai Selatan, Kepulauan Mentawai, Enggano, dan Putri Hijau dengan skala intensitas II - III MMI.

Yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved