Tol Bengkulu Lubuklinggau

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Klaim Tol Bengkulu-Lubuklinggau Tetap Jalan

Pembangunan tol Bengkulu-Lubuklinggau stagnan. Dari 3 sesi yang direncanakan, baru 1 sesi tuntas yaitu Kota Bengkulu-Taba Penanjung Bengkulu Tengah.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Romi/TribunBengkulu.com
Gerbang tol Bengkulu-Lubuklinggau di Kota Bengkulu tepatnya di Kelurahan Betungan sebagai pintu masuk tol Bengkulu-Taba Penanjung. Tol Bengkulu ini sempat dibuka saat arus mudik lebaran 2022. 

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Pembangunan tol Bengkulu-Lubuklinggau stagnan. Dari 3 sesi yang direncanakan, baru 1 sesi tuntas yaitu Kota Bengkulu-Taba Penanjung Bengkulu Tengah.

Sementara 2 sesi lagi yaitu Kepahing-Taba Penanjung, Lubuklinggau-Kepahiang hingga saat ini belum ada kepastian jadwal pelaksanaan.

Untuk diketahui, tol Bengkulu-Lubuklinggau sepanjang 95 km ini masuk dalam tol Trans Sumatera yang terbagi dalam tiga sesi.

Sesi pertama Taba Penanjung – Bengkulu memiliki panjang 17,6 kilometer (sudah dibangun).

Seksi kedua yaitu Kepahiang – Taba Penanjung sepanjang 23,7 kilometer dan seksi ketiga Lubuklinggau – Kepahiang dengan panjang 54,5 kilometer.

Sehingga, tol Bengkulu tergabung dalam Trans Sumatera yang terdiri dari delapan ruas diantaranya yaitu Ruas Sigli - Banda Aceh (74 Km), Ruas Kisaran - Indrapura (48 Km), Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (143 Km).

Kemudian Ruas Sp. Indralaya – Muara Enim (119 Km), Ruas Padang - Sicincin (36 Km), Ruas Pekanbaru – Pangkalan (65 km), Ruas Lubuk Linggau - Curup Bengkulu seksi Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 Km) dan Ruas Binjai – Langsa seksi Binjai – Pangkalan Brandan (58 Km).

Informasi terbaru yang diperoleh TribunBengkulu.com ada rencana perubahan Penetapan Lokasi (penlok).

Sehingga pembangunan Tol Bengkulu-Lubuklinggau yang dinantikan nampaknya belum terlaksana dalam waktu dekat.

Merespon kabar perubahan trase sehingga tol Bengkulu-Lubuklinggau batal dibangun, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan trase tol Bengkulu-Lubuklinggau tetap dikerjakan sesuai dengan rencana awal.

"Sampai sekarang ya, belum ada perubahan apa-apa, terkait dengan tol. Karena penetapan trase itu kementerian yang menetapkan, dan ada kepresnya," ungkap Gubernur Bengkulu Rohidin kepada TribunBengkulu.com, Rabu (30/11/2022).

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan, tidak ada perubahan rute maupun trase.

"Tadi saya baru saja ketemu HK, juga belum ada kajian perencanaan sama sekali, iya masih Bengkulu- Lubuklinggau," tegasnya lagi.

Namun tidak dipungkiri, tahapan maupun proses pengerjaan tol Bengkulu-Lubuklinggau mengalami pergeseran waktu.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved