Polisi Sebutkan Sejumlah Kerawanan Pemilu 2024 di Bengkulu Selatan, KPU Diingatkan Waspada

Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Polres Bengkulu Selatan paparkan sejumlah kerawan.

Ahmad Sendy Kurniawan Putra/TribunBengkulu.Com
Sosialisasi tahapan pemilu dan rancangan daerah pemilihan pemilu kepada kades se-Bengkulu Selatan. Ada beberapa potensi kerawanan pemilu di Bumi Sekundang Setungguan. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) dan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Polres Bengkulu Selatan paparkan sejumlah kerawanan.

Kasat Intelkam Polres Bengkulu Selatan AKP Ahmad Khairuman, SE, menyampaikan beberapa kerawanan pemilu serentak tahun 2024.

Pernyataan ini disampaikan saat menjadi narasumber kegiatan sosialisasi tahapan pemilu dan rancangan daerah pemilihan pemilu kepada kades se-Bengkulu Selatan.

Ada beberapa potensi kerawanan pemilu di Bumi Sekundang Setungguan ini, diantaranya panjangnya waktu tahapan pemilu dan pilkada serentak.

Kemudian kekecewaan partai politik (parpol) pendukung terhadap keputusan KPU yang parpolnya tidak memenuhi syarat untuk menjadi peserta pemilu.

Kekecewaan parpol dan pendukung terhadap penunjukan pejabat yang habis masa jabatannya tahun 2022 dan 2023.

Dan yang terakhir, adanya proses hukum apabila terjadi sengketa atau gugatan terhadap putusan penetapan tahapan pemilu dan pilkada.

“Kerawanan pemilu dan pilkada, segala hal yang dapat menganggu tahapan pelaksanaan pemilu dan berpotensi menimbulkan gangguan keamanan, ketertiban, penegakan hukum, dan ketentraman masyarakat,” kata kasat intelkam.

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberi bekal kepada kades agar siap menghadapi pemilu yang tahapannya sudah berjalan. Peran serta kades sangat diperlukan untuk menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan ini.

Kades diharapkan dapat membantu menjaga situasi tetap kondusif di wilayah desa masing-masing, dan dapat memberi wawasan kepada masyarakat agar bijak dalam menghadapi pemilu.

 

Baca juga: KPU Bengkulu Selatan Butuh 6.093 Badan Ad Hoc pada Pemilu 2024

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved