Tol Bengkulu Lubuklinggau

Nataru Bersamaan dengan Libur Sekolah, Ribuan Kendaraan Diprediksi Lewat Tol Bengkulu

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memprediksi lebih dari 3000 kendaraan akan melewati jalan tol Bengkulu - Taba Pananjung.

Penulis: Jiafni Rismawarni | Editor: Yunike Karolina
Jiafni Rismawarni/TribunBengkulu.com
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memprediksi kendaraan yang melewati tol Bengkulu selama libur nataru akan mencapai 3 ribu lebih. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Jiafni Rismawarni

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU - Liburan Natal dan Tahun Baru kali ini, berbarengan dengan libur semester anak sekolah di Provinsi Bengkulu.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah memprediksi lebih dari 3000 kendaraan akan melewati jalan tol Bengkulu - Taba Pananjung, yang baru di buka Jumat kemarin (23/12/2022).

"Ini sudah diuji coba lebaran sebelumnya, pada waktu itu per hari 3000 an kendaraan. Saya kira tahun ini gak akan terlalu jauh bedanya. Tapi ini memang karena liburan sekolah, Nataru ini memang bisa lebih banyak," kata Rohidin.

Untuk para pengguna jalan tol Bengkulu ini, Gubernur Bengkulu ke 10 ini berpesan agar agar mengutamakan kehati-hatian dalam berkendara.

Ia meminta pengendara yang ingin melintas untuk dapat menggunakan jalan tol secara bijak dengan selalu mematuhi tata tertib yang berlaku di jalan tol saat melintas.

Dengan kecepatan maksimal 80 km/jam, menjaga jarak aman dengan kendaraan didepan minimal 10-20 meter, dan pastikan kendaraan tidak melebihi muatan.

"Silahkan bagi masyarakat pengguna jalan, menggunakan tol ini, menjelang Natal dan tahun baru. Prinsip kehati-hatian berlalulintas harus dikedepankan," pesan Rohidin.

Tol Bengkulu tergabung dalam Trans Sumatera yang terdiri dari delapan ruas diantaranya yaitu Ruas Sigli - Banda Aceh (74 Km), Ruas Kisaran - Indrapura (48 Km), Ruas Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat (143 Km).

Kemudian Ruas Sp. Indralaya – Muara Enim (119 Km), Ruas Padang - Sicincin (36 Km), Ruas Pekanbaru – Pangkalan (65 km), Ruas Lubuk Linggau - Curup Bengkulu seksi Bengkulu – Taba Penanjung (17,6 Km) dan Ruas Binjai – Langsa seksi Binjai – Pangkalan Brandan (58 Km).

Saat ini, baru terealisasikan tahap pertama, yakni jalan tol Bengkulu - Taba Pananjung, dengan panjang 17,6 Km.

Branch Manager Ruas Tol Bengkulu, Medya Gustian menyampaikan meskipun dibuka gratis, pengguna jalan tol tetap harus melakukan tapping kartu uang elektronik saat melintas di GT Bengkulu. Kebijakan ini termuat dalam Keputusan Menteri (SK) Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 1482/KPTS/M/2022.

"Untuk tahap awal memang ini masih posisi digratiskan, sampai menunggu petunjuk operasional berikutnya," tukasnya.

PT HK juga menyiapkan fasilitas dan personil siaga. Meliputi 101 personil siaga, terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis & patroli. Dengan diberlakukan sistem one gate dengan melakukan satu kali tapping di Gerbang Tol (GT) Bengkulu di daerah Betungan.

 

Baca juga: Pantauan Tol Bengkulu di Hari Natal 2022: Ramai, Ada Peningkatan Jumlah Kendaraan

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved