Dinas Pertanian Bengkulu Tengah Siapkan Dana Rp 1 Miliar Bangun Jalan Usaha Tani

Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Tengah telah melakukan perencanaan di tahun 2023 terkait peningkatan hasil panen baik itu perkebunan maupun pertani

Penulis: Suryadi Jaya | Editor: Hendrik Budiman
Suryadi Jaya/TribunBengkulu.com
Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Tengah, Endang Soemantri saat diwawancarai TribunBengkulu.com, Kamis (29/12/2022 mengatakan, Dinas Pertanian mendapatkan alokasi APBD di 2023 sebesar Rp 1 Miliar untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) dan perbaikan irigasi.  

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Suryadi Jaya

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU TENGAH - Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Tengah telah melakukan perencanaan di tahun 2023 terkait peningkatan hasil panen baik itu perkebunan maupun pertanian. 

Dalam perencanan itu, Dinas Pertanian mendapatkan alokasi APBD di 2023 sebesar Rp 1 Miliar untuk pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) dan perbaikan irigasi. 

Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Tengah, Endang Soemantri, melalui Kabid Prasarana dan Sarana Dinas Pertanian Kabupaten Benteng, Dolas Juarsa mengatakan, pihaknya telah membuat perencanaan untuk pembangunan fasilitas pendukung pertanian di Kabupaten Bengkulu Tengah. 

Baca juga: 38 Wilayah di Provinsi Bengkulu Rentan dan Rawan Narkoba, Cek Daftarnya!

"Untuk APBD telah direncanakan untuk pembangunan 4 unit JUT dan 2 unit perbaikan irigasi, dengan total anggaran dari APBD sebesar Rp 1 miliar," kata Dolas, Kamis (29/12/2022). 

Terkait JUT direncanakan akan dibangun di empat lokasi dan irigasi di dua lokasi. Terkait panjang bangunan nanti akan disesuaikan dengan anggaran Rp 1 miliar itu. 

"Kalau JUT kita bangun di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Bang Haji, Meeigi Sakti, Pagar Jati dan Pondok Kelapa. Sedangkan lokasi perbaikan irigasi dilakukan di Kecamatan Karang Tinggi dan Pondok Kelapa," kata Dolas. 

Dolas pun mengakui, pembangunan yang direncanakan belum mampu mengakomodir seluruh wilayah Bengkulu Tengah, namun yang jelas dengan pembangunan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita beharap dengan pembangunan itu nanti, bisa meningkatkan hasil panen baik untuk persawahan maupun perkebunan. Kedepan kita akan mengusulkan untuk mendapatkan bantuan dari APBN,"pungkasnya.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved