Jelang Pemilu 2024 Serentak, Dukcapil Bengkulu Selatan Fokus Rekam e-KTP Pemilih Pemula

Menghadapi Pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024 mendatang. Disdukcapil Bengkulu Selatan memfokus

Ahmad Sendy Kurniawan Putra/TribunBengkulu.Com
Kadis Dukcapil Bengkulu Selatan Lismanto Bayu, SE saat mendampingi salah seorang disabilitas yang sedang rekaman e-KTP. 

Laporan Reporter TribunBengkulu.com, Ahmad Sendy Kurniawan Putra

TRIBUNBENGKULU.COM, BENGKULU SELATAN - Menghadapi Pemilihan umum (Pemilu) dan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada tahun 2024 mendatang. Disdukcapil Bengkulu Selatan memfokus pembuatan dan perekaman e-KTP bagi pemilih pemula. Adapun, sasaran dalam perekaman e-KTP pemilih pemula ini yakni remaja yang berusia 16-17 tahun.

Kadis Dukcapil Bengkulu Selatan Lismanto Bayu, SE mengatakan, fokusnya perekaman e-KTP pemilih pemula ini tidak lain bertujuan untuk melengkapi data pemilih pemula pada Pemilu dan Pilkada serentak 2024.

Jadi, setelah data mereka terekam di Sistem Adminsistrasi Kependudukan (Adminduk). Para pelajar atau remaja yang sudah genap berusia 17 tahun saat Pemilu 2024 nanti diupayakan bisa menyalurkan hak pilihnya sebagai pemilih pemula.

“Benar, fokus kami tahun 2023 ini yakni rekam data administrasi kependudukan khususnya untuk remaja dan kaum pelajar yang masuk daftar pemilih pemula," ungkap Kadis.

Bayu mengaku, perekaman data ini bisa dilakukan dengan pelayanan ke desa melalui program jemput bola pada kegiatan Bujia’an Dusun ataupun ke sekolah-sekolah.

Kadis menyebut, bagi remaja yang usianya belum genap 17 tahun, baru sebatas dilakukan perekaman data saja. Nanti setelah usianya genap 17 tahun baru kartu tanda penduduknya dicetak dan diberikan. Sedangkan mereka yang sudah cukup umurnya, usai direkam data KTP-nya langsung diterbitkan.

"Untuk itu, bagi warga yang umurnya sudah masuk 16-17 tahun segera datangi Disdukcapil untuk melakukan perekaman e-KTP. Semuanya pasti kami layani, apalagi dengan program One Day Service (Sistem Pelayanan Sehari). Dengan program tersebut, perekaman e-KTP bisa selesai dalam waktu 20 menit saja," jelas Bayu.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved